Minggu, Juli 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Makassar Jadi Salah Satu Kota Paling Bahagia Dunia, Ungguli Kampung Halaman Putin

MAKASSAR, KORANSULSEL – Makassar menduduki peringkat 234 dari 250 kota bahagia di dunia pada tahun 2024. Capaian Makassar tersebut sekaligus mengalahkan kampung halaman Presiden Rusia Vladimir Putin, Saint Petersburg, yang berada di peringkat ke-245 dunia.

Daftar 250 kota paling bahagia di dunia tersebut termuat dalam laporan Happy City Index. Laporan tersebut diprakarsai oleh lembaga riset asal Inggris, Institute of Quality of Life.

Laporan tersebut disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset asal Inggris, Institute of Quality of Life. Penelitian tersebut membagi ukuran kebahagiaan menjadi 5 area, yakni warga negara, tata kelola, lingkungan, ekonomi, dan mobilitas.

Dalam laporannya, Happy City Index membagi 250 kota paling bahagia di dunia ke dalam tiga kategori. Ketiga kategori itu antara lain gold, silver, dan bronze atau perunggu.

Makassar, Saint Petersburg, dan 148 kota lainnya masuk dalam kategori bronze atau perunggu. Makassar meraih total skor 1230,7, sedangkan Saint Petersburg meraih total skor 1213,6.

Selain Makassar dan Saint Petersburg, sejumlah kota di dunia yang juga masuk dalam kategori bronze adalah Gdansk dari Polandia, Barcelona dari Spanyol, serta Toulouse dari Prancis. Kemudian kota lainnya yakni Kuala Lumpur dari Malaysia, Madrid dari Spanyol, dan Wuhan dari China.

Sementara untuk kategori utama, golden ‘happiest’ city diisi oleh 37 kota dari berbagai negara. Aarhus dari Denmark, Zurich dari Swiss, Berlin dari Jerman, Gothenburg dari Swedia, serta Amsterdam dari Belanda secara berurutan menduduki peringkat pertama hingga kelima.

Dua kota dari negara Asia, yakni Singapura dan Seoul, juga tergolong ke dalam golden ‘happiest’ city. Kedua kota itu masing-masing berada pada peringkat 34 dan 36.

Kemudian untuk kategori Silver Cities diisi oleh 63 kota dari berbagai negara di dunia. Kota seperti Tokyo dari Jepang, Milan dari Italia, dan Dubai dari Uni Emirat Arab termasuk dalam kategori ini. (dtc/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER