Kamis, Juli 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Makassar Pilih Tugu MNEK sebagai Panggung Utama Pagelaran F8

MAKASSAR, KORANSULSEL – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ingin menghadirkan semangat kebersamaan dalam pagelaran seni dan budaya melalui Makassar International Eight Festival and Forum (F8) dengan menunjuk tugu Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) sebagai panggung utama kegiatan.

“Tahun 2023 puluhan angkatan laut perang dari berbagai dunia hadir di kegiatan MNEK 2023 di Makassar. Kehadiran dan kebersamaan mereka itu kita abadikan melalui tugu MNEK di CPI,” ujarnya di Makassar, Kamis.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan F8 yang sudah digelar sejak 2017 itu dilaksanakan di anjungan City of Makassar dan pada F8 2024 dirinya bersama dengan penyelenggara ingin menghadirkan suasana dan semangat baru.

Dia menuturkan tugu MNEK yang berada di sekitar kawasan Center Pointnof Indonesia (CPI) akan menjadi panggung utama dan panggung lainnya tetap berada di City of Makassar.

“Setiap tahun F8 yang kita gelar itu kan menghadirkan banyak panggung dan sejak awal memang panggung utama di anjungan City of Makassar. Tapi kali ini kita pindahkan panggung utamanya, sementara yang lainnya masih tetap,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan F8 Makassar tahun ini akan digelar selama lima hari pada 24-28 Juli 2024. Kegiatan itu selalu hadir dengan hal-hal yang baru tiap tahunnya. Seperti tahun ini, lanjutnya, hadir dengan venue yang baru berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita mau cari suasana yang baru, makanya panggung utama kita pindahkan ke MNEK. Kita ingin memanfaatkan pemandangan kota yang weight,” kata Danny Pomanto.

Pemkot Makassar bersama PT Festival Delapan Indonesia selaku penyelenggara terus mematangkan persiapan ajang tersebut, termasuk mendistribusikan undangan baik bagi pemerintah kabupaten/kota maupun tamu-tamu luar negeri. Terlebih ajang tahunan itu akan dihadiri banyak negara-negara sahabat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Adapun Makassar F8 merupakan singkatan dari fiction writer and font, flora and fauna, food and fruit, selain fusion music, film, fashion, fine arts, folk. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER