Kamis, Juli 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemprov Sulsel Jadi Percontohan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Berkelanjutan, OPD Diminta Gunakan Produk Ramah

MAKASSAR, KORANSULSEL – Pemerintah Provinsi Sulsel telah menjadi percontohan dalam mendukung pelaksanaan Sustainable Public Procurement atau pengadaan barang/jasa pemerintah yang berkelanjutan. Karena itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga harus didorong menggunakan dan memanfaatkan produk yang ramah lingkungan, utamanya dalam proses pengadaan yang tepat waktu, jenis, kualitas dan prosedur.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, saat membuka Sosialisasi dan Market Sounding Percontohan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan yang Berkelanjutan untuk Provinsi Sulsel, yang dilaksanakan secara hybrid, di Melia Hotel Makassar, Selasa, (4/6/2024).

Menurut Andi Arsjad, pembangunan global yang berorientasi pada pengadaan berkelanjutan, saat ini menjadi hal penting yang terus didorong pengimplementasiannya. Hal ini sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yaitu pola produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab.

“Pemprov Sulsel menjadi salah satu percontohan dalam mendukung pelaksanaan Sustainable Public Procurement,” kata Andi Arsjad.

Sementara, Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa Sulsel, Kasman Abidin, menuturkan, kegiatan ini merupakan proyek kerjasama luar negeri Scaling SCP dengan Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen LHK (Pusfaster), yang didanai oleh Kementerian Federal Jerman untuk Lingkungan, Konservasi Alam, dan Keselamatan Nuklir (BMUV) Jerman, dan diimplementasikan oleh GIZ.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat komitmen pemerintah dalam mendukung praktek berkelanjutan melalui produk ramah lingkungan,” ujarnya.

Turut hadir, Direktur Pengembangan Iklim Usaha dan Kerjasama Internasional LKPP RI, Direktur Perencanaan Anggaran Daerah dan Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Project Director Scaling Sustainable Consumption and production (Scaling SCP), Thailand, Malaysia, Indonesia, Philippines GIZ, Steering Committee Ramah Lingkungan/SPP, Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian
Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel. (HMS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER