Selasa, Juli 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hadiri Grand Opening Sambel Mama Aji, Bupati Andi Utta : Ini Sudah Konsep Petik Olah Jual

BULUKUMBA, KORANSULSEL – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil Bupati Andi Edy Manaf menghadiri Grand Opening Rumah Produksi Sambel Mama Aji di Borongloe, Desa Benteng Gantarang Kecamatan Gantarang, Senin 3 Juni 2024.

Turut hadir Ketua DPRD Bulukumba, H. Rijal dan beberapa anggota DPRD, serta Camat Gantarang, Muh. Yusri.

Kepala Desa (Kades) Benteng Gantarang, Asbar yang mewakili pihak keluarga atau owner Sambel Mama Aji menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi desanya oleh karena pimpinan Pemerintah Kabupaten Bulukumba hadir lengkap di acara peresmian UMKM Sambel Mama Aji.

”Ini (kehadiran bupati dan wakil bupati) paket lengkap ditambah dengan kehadiran Ketua DPRD bersama anggota DPRD,” kata Asbar.

Dikatakan, meski diguyur hujan, namun tidak menghalangi dan mengurangi semangat undangan untuk hadir pada acara tersebut.

Menurutnya Sambel Mama Aji adalah sesuatu yang fenomenal karena baru berapa bulan lalu, tepatnya bulan ramadan dirintis, namun produksinya semakin besar.

Pihak pemerintah daerah juga, lanjutnya sangat respon dalam membantu segala perizinannya, mulai dari PIRT sampai izin halalnya dari Balai POM.

”Izinnya cepat terbit karena adanya respon cepat dari pemerintah daerah oleh dinas terkait,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, capaian UMKM Sambel Mama Aji tidak terlepas dari sentuhan anak muda Eril Cikas. Istilah Cikas kata Asbar adalah akronim dari nama kedua orang tua Eril yaitu Citta dan Kasmiati.

”Eril Cikas adalah sosok pemuda yang patut dibanggakan karena mampu menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Mewakili keluarga besarnya, Asbar menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari semua pihak, terutama kepada pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian besar terhadap pengembangan UMKM Sambel Mama Aji.

Senada disampaikan Kades Benteng Gantarang, Ketua DPRD H. Rijal juga memuji sosok Eril Cikas yang dalam usia muda mampu berwirausaha secara mandiri.

”Seingat saya, Eril ini mulai merintis usaha warkop, kemudian usaha gorengan lalu skin care sampai pada usaha membuat produk Sambel Mama Aji ini,” ungkap H. Rijal yang mengaku berasal dari keluarga besar di Desa Benteng Gantarang.

Eril Cikas, lanjutnya sosok pemuda yang memiliki semangat wirausaha dan terus berinovasi, sehingga mampu memperkenalkan produk Bulukumba di luar daerah.

Sementara itu, Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba mengapresiasi produk Sambel Mama Aji yang mulai dikenal dan dipasarkan di luar daerah.

Andi Utta berharap, bahan baku Sambel ini berasal dari Bulukumba, sehingga menurutnya usaha UMKM ini memiliki peluang besar dalam usaha pertanian tanaman lombok untuk penyediaan bahan bakunya.

Konsep yang dibangun Sambel Mama Aji ini, lanjutnya adalah petik olah jual, sehingga hasil pertanian di Bulukumba memiliki nilai tambah produk pertanian.

”Ini sudah konsep petik olah jual, bukan lagi petik lalu jual,” pungkasnya.

Hadirnya rumah produksi Sambel Mama Aji, menjadi peluang untuk menambah produksinya. Karena menurutnya syarat untuk melakukan ekspor produk itu harus memiliki kualitas dan kuantitas yang berkelanjutan.

”Tidak bisa (ekspor) kalau hanya satu kali kirim, tapi harus dipastikan pengirimannya kontinyu, sehingga kuantitas ini harus terus terpenuhi,” imbuhnya.

UMKM Sambel Mama Aji, ini tidak hanya menunjukkan keberhasilan dalam mengelola sumber daya alam, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja lokal.

Salah seorang Asisten Owner (AO) atau distributor asal Makassar, Hj. Muli mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian dari Sambel Mama Aji. Menurutnya dalam waktu singkat produk sambel ini laris di pasaran.

”Awalnya hanya sekitar puluhan yang laku, sekarang mencapai 3 ribuan hanya di kota Makassar,” puji Hj. Muli.

Pada kesempatan tersebut Bupati Andi Utta didampingi Wabup Andi Edy Manaf dan Ketua DPRD H Rijal melakukan pengguntingan pita tanda peresmian Rumah Produksi Sambel Mama Aji.

Diketahui Sambel Mama Aji saat ini memiliki 7 varian rasa, yaitu Ikan Cakalang, Ikan Tuna, Daging Ayam, Daging Sapi, Teri, Ebi dan Cumi. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER