Sabtu, Maret 2, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Tallo Makassar Dapat Bantuan Sarana Air Bersih dari Pelindo Regional 4

MAKASSAR, KORAN SULSEL – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo menyerahkan bantuan berupa sistem sarana air bersih bagi warga Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Penyerahan bantuan tersebut ditandai dengan peresmian sistem sarana air bersih yang dilakukan Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir, di Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Selasa.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan, bantuan Pelindo tersebut menunjukkan kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan ini kepada lingkungan melalui program TSJL.

“Hal ini patut kita syukuri, karena mempercepat program pemerintah dalam hal ini Pemkot Makassar kepada masyarakat dari pengadaan air bersih,” ujarnya.

Namun menurut dia, agar pemanfaatan air ini dapat dirasakan oleh seluruh warga yang ada di Kelurahan Tallo, maka harus juga dimanfaatkan dengan baik dan benar oleh masyarakat.

Zuhaelsi juga meminta kepada Human Initiative (HI) yang telah bekerja sama dengan Pelindo untuk menghadirkan sistem sarana air bersih bagi warga di Kelurahan Tallo ini agar ada pelatihan kepada masyarakat terkait upaya mengelola sumber air.

Sementara itu, Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam mengatakan, TJSL merupakan salah satu program perusahaan yang wajib untuk dipenuhi dan dijalankan setiap tahun.

“Tujuan dari program TJSL Pelindo yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja perusahaan dengan fokus pada tiga bidang, yakni pendidikan, UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, serta Bina Lingkungan,” katanya.

Pengadaan sistem sarana air bersih itu adalah bagian dari Bina Lingkungan dengan membantu menyediakan air bersih di Kelurahan Tallo.

Dia mengatakan, permasalahan utama di Kelurahan Tallo adalah masalah air apalagi karena terdampak El Nino, sehingga Pelindo tergerak untuk membantu masyarakat dengan bekerja sama dengan Human Initiative untuk mencari lokasi air yang bisa digali dan kemudian dilakukan pengeboran serta pipanisasi ke rumah-rumah warga.

Hasil dari usaha tersebut, kini sistem sarana air bersih yang telah dibangun pihak Pelindo akhirnya dapat menjangkau sekitar 100 rumah warga di Kelurahan Tallo.

Basri Alam juga bersyukur dan mengapresiasi partisipasi seluruh warga di Kelurahan Tallo, terutama di RW 04 yang bersama dengan pihak Human Initiative.

“Karena tanpa bantuan dan dukungan dari masyarakat yang mau turut membangun bangsa ini, Pelindo tidak bisa berbuat apa-apa,” tandasnya. (KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular