Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Makassar Bantah Halangi Jalan Santai Cawapres

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membantah adanya informasi sesat yang beredar terkait adanya penghalangan kegiatan jalan santai yang akan dihadiri calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka di Jalan Sudirman, Sabtu (25/11).

“Jadi, pertama sejak awal, munculnya belakangan ada dua agenda jalan sehat yang sama, kemudian menetapkan berdampingan waktu. Saya tidak ada penolakan sedikit pun. Bahkan saya langsung berkoordinasi dengan Polrestabes untuk segera kita sama sama akomodir,” ujar Ramdhan di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Selanjutnya, kata dia, bersama Polrestabes Makassar sepakat mengakomodir jalan sehat yang akan dihadiri cawapres Gibran di Monumen Mandala, Jalan Sudirman, meskipun kegiatan serupa akan digelar dari capres Ganjar pada Minggu, 26 November 2023 di lokasi yang sama.

“Di akomodir di Mandala (jalan sehat Gibran). dan kita (jalan sehat Ganjar) di dekatnya Lapangan Sultan Hasanuddin. Kedua, secara terbuka di beberapa momen saya bilang harus ramai keduanya, Kalau di kita ini cuma 50-100 ribu peserta, sudah syukur,” ujar Pembina TPD Ganjar-Mahfud ini.

Hal ketiga, katanya, kalau ada yang berbicara tudingan terkait adanya penghalangan di lapangan bahwa ada pemaksaan (ketua RT/RW) untuk tidak mengikuti jalan sehat oleh relawan Gibran, silakan diusut saja karena dirinya tidak pernah memerintahkan sedikit pun soal penghalangan kegiatan tersebut.

Secara terpisah, Juru Bicara Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Iqbal Arifin menyatakan gerak jalan yang dilaksanakan GenZi yang mengundang capres Ganjar Pranowo pada Minggu, 26 November 2023 murni mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan melibatkan masyarakat dalam hal yang positif.

“Apalagi ada ‘reward’ (hadiah) yang kami berikan, jadi bukan sekadar sehat. Ini terbuka untuk siapa saja. Adapun kegiatan serupa di tanggal 25 November yang dilakukan pihak lain, itu juga bagus untuk masyarakat, baik untuk semua,” paparnya.

Selain itu, kata dia, Wali Kota Makassar sudah menegaskan kesuksesan acara baik di tanggal 25 dan 26 November 2023 tersebut karena berkaitan dengan citra baik untuk Kota Makassar. Tidak perduli siapa saja yang melakukan kegiatan selama sifatnya positif.

“Ini murni panggilan masyarakat. Makanya Pak Ganjar dan Pak Mahfud mau datang untuk melepas kangen dengan masyarakat Sulsel. Sekalian nanti ada pelantikan TPD dan TPK, konsolidasi parpol dan kunjungan ke Toraja dan Kedatuan Luwu,” katanya menambahkan.

Sebelumnya, beredar informasi hoaks terkait adanya upaya instruksi penghalangan RT dan RW untuk mengikuti kegiatan jalan sehat capres-cawapres Prabowo-Gibran di Makassar sehingga memicu reaksi wali kota dengan menegaskan tidak ada upaya penghalangan selama baik dan positif untuk Kota Makassar, maka semua dipersilakan. (ANT/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular