Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Upacara HUT RI Terakhir di Istana Negara: Presiden Jokowi Ungkap Tahun Depan Akan Digelar di IKN

KORAN SULSEL – Presiden RI, Joko Widodo, dalam upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi yang diadakan di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2023, mengumumkan bahwa Upacara Detik-Detik Proklamasi tahun 2024 akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur. Dengan penuh keyakinan, Presiden menyatakan, “Tahun depan Insya Allah sudah di IKN. Kita lihat nanti.”

Pernyataan ini menjadi tanda bahwa pelaksanaan Upacara 17 Agustus di tahun ini akan menjadi momen bersejarah, sekaligus menandakan bahwa upacara di Istana Merdeka pada tahun ini menjadi yang terakhir diadakan di Jakarta sebagai ibu kota. Keputusan untuk memindahkan upacara peringatan kemerdekaan ke IKN sejalan dengan rencana pemindahan ibu kota yang telah diumumkan sebelumnya.

Tidak hanya Presiden, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga dengan yakin mengungkapkan keyakinannya terhadap rencana tersebut. “Insya Allah tahun depan kita sudah melaksanakan HUT RI di Ibu Kota baru,” ucap Wapres Ma’ruf Amin, yang menegaskan bahwa peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia akan diadakan di ibu kota yang baru.

Pada upacara tahun ini, Presiden mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, Jawa Tengah sedangkan Ibu Iriana Jokowi mengenakan busana adat Bali. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Sumatra Barat. (KS/jhm)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular