Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Unhas Luncurkan Kapal Pendidikan “Unhas Explorer”

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Universitas Hasanuddin (Unhas) meluncurkan kapal pendidikan “Unhas Explorer” dalam rangka memperkuat visi pengembangan kemaritiman ke depan.

Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc, dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan peluncuran kapal pendidikan merupakan tonggak sejarah bagi Unhas, menandai kuatnya komitmen dalam memajukan tridarma perguruan tinggi.

Dengan hadirnya kapal ini, kata dia, Unhas mengukuhkan visinya dalam memperkuat visi kemaritiman, menciptakan lingkungan belajar yang stimulatif, dan menjunjung tinggi standar pendidikan.

Ia menjelaskan, Kapal Pendidikan “Unhas Explorer” ke depan akan menjadi pusat pendidikan maritim modern. Kapal ini menjadi wadah pembelajaran yang inovatif bagi mahasiswa dan wadah penelitian bagi dosen Unhas.

Misi utama kapal adalah mendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui eksplorasi kelautan yang mendalam.

“Peluncuran ini sejalan dengan semangat tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kapal “Unhas Explorer” diharapkan tidak hanya menjadi sarana pendidikan bagi mahasiswa, tetapi juga sebagai dasar penelitian ilmiah yang mendukung pengembangan keilmuan peneliti Unhas. Melalui kapal ini, Unhas siap menjelajahi lautan luas dan memanfaatkan kekayaan laut untuk masyarakat dan bangsa,” kata Prof JJ.

Deputi Regional Manager Business Bank BTN Kantor Wilayah V Daulat Marpaung, menyampaikan ucapan selamat atas peluncuran kapal pendidikan tersebut.

Bank BTN menyampaikan rasa bangga dan senang bisa terlibat dalam mewujudkan hadirnya kapal pendidikan Unhas yang diharapkan akan semakin mendorong prestasi Unhas yang tidak hanya skala nasional, namun juga internasional.

Kapal pendidikan “Unhas Explorer” memiliki panjang 19 m, lebar 75 m dengan ketinggian kapal 4.3 m. Kapal ini memiliki kapasitas daya angkut untuk 50-60 orang dengan menggunakan Fiber Glass pada konstruksi kapal.

Jarak tempuh kapal antara 200-300 mil dengan tangki harian 1 ton. Kapal ini juga dilengkapi dengan standar alat keselamatan dan navigasi yang baik.

Ke depan, Unhas akan menghadirkan kapal pendidikan lainnya yang bertujuan untuk mendorong pengembangan tridarma perguruan tinggi khususnya dalam bidang penelitian maupun pengembangan sektor lainnya. (ANT/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular