Senin, Maret 4, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Unhas Day: Ajang Pemersatu dan Pengenalan Kegiatan Mahasiswa di Universitas Hasanuddin

KORANSULSEL – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar “Unhas Day” sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Acara ini diadakan di GOR JK Arenatorium Unhas, Makassar, pada Sabtu (19/8/2023).

Rektor Unhas, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc, menyatakan harapannya agar “Unhas Day” menjadi ajang pemersatu bagi seluruh mahasiswa tanpa memandang fakultas dan jurusan. “Kita berharap ke depan, setiap fakultas tidak mempunyai ‘kerajaan’, tapi yang ada adalah keluarga besar Unhas. Unhas Day membuat kalian menjadi satu kesatuan, berinteraksi dan beraktivitas dalam kebersamaan,” ujar Jamaluddin Jompa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K), menambahkan bahwa “Unhas Day” merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru. Acara ini memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan lembaga-lembaga yang ada di Unhas. “Pada Unhas Day kali ini ada 36 UKM yang berpartisipasi dan 7 lembaga, yang penting untuk diketahui para mahasiswa baru,” ungkapnya.

Muhammad Ruslin juga mengajak mahasiswa baru untuk aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Dengan kurikulum baru Unhas, K23, semua kegiatan kemahasiswaan akan dihitung menjadi SKS. “Kurikulum baru memberikan 20 SKS untuk Penguatan Kompetensi,” jelasnya.

Selain itu, PKKMB tahun ini menggagas Gerakan Unhas Hijau. “Seluruh mahasiswa baru melakukan penanaman pohon, satu mahasiswa satu pohon. Mereka akan melakukan perawatan dan melihat tanamannya,” tambahnya.

Unhas Day juga menyambut kedatangan 191 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. “Selamat datang di Kampus Merah kepada seluruh mahasiswa PMM. Tahun ini ada 3.600 yang daftar program ini di Unhas, tetapi yang diterima hanya 191 orang,” ucapnya.

Beberapa UKM yang diperkenalkan pada Unhas Day meliputi olahraga seperti bola voli, sofbol, hoki, tenis, basket, dan E-sport; seni seperti Paduan Suara Mahasiswa, Seni Tari, dan Fotografi; serta bidang keilmuan dan kerohanian seperti UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI) dan Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla (LDK MPM). Selain itu, terdapat juga UKM seperti Resimen Mahasiswa Satuan 701, KSR-PMI, Radio Kampus EBS FM, dan PK identitas Unhas.

Sementara lembaga yang hadir antara lain Pokja Prestasi dan Kewirausahaan, Career Center, Perpustakaan, dan Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual, demikian Muhammad Ruslin. (KS)

Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular