Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sulsel Raih 4 Penghargaan Dalam Adujak Genre 2023

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Forum Genre Sulawesi Selatan meraih 4 penghargaan pada lomba Forum Genre Indonesia atau Adujak Genre 2023 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah.

“Forum Genre Sulsel berhasil meraih Genre Awards yakni juara 3 Forum Genre Terbaik, Juara 2 PIK Remaja Percontohan Segmentasi Berani, Juara 3 Genre in Action, dan Kategori Terbaik Meaningful Youth Participation (MYP),” kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel Shodiqin dalam keterangan persnya di Makassar, Senin.

Dia mengatakan kegiatan yang digelar akhir pekan kemarin merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh BKKBN, Melalui Direktorat Ketahanan Remaja, untuk saling mempertemukan remaja yang tergabung dalam PIK Remaja.

Selain itu juga untuk memilih figur pemuda (usia 16-22 tahun) yang akan menjadi role model atau percontohan dan spoke person (juru bicara) BKKBN yang selanjutnya disebut sebagai Duta Genre.

Pada kegiatan yang digelar pada 28 Oktober – 1 November 2023, selain digelar pemilihan duta Genre, juga diselenggarakan Jambore Ajang Kreativitas Genre yang bertujuan untuk memupuk kebersamaan, semangat para remaja serta sebagai wadah pertukaran informasi dan pengalaman tentang implementasi program Genre,

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut disebut sebagai kegiatan Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Genre (ADUJAK) Indonesia Tahun 2023.

Kegiatan BKKBN RI dan Forum Genre Indonesia ini mengusung tema “Kolaborasi dalam Karya mewujudkan Remaja yang Bermakna Menuju 13 yang Selaras”.

Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Nasional merupakan upaya mendukung pelaksanaan nawacita dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membentuk karakter bangsa melalui revolusi mental.

Kegiatan yang diresmikan Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo ini juga menjadi wadah bagi remaja untuk menyongsong Indonesia emas 2045, mempersiapkan remaja dalam meningkatkan potensi dan life skill menuju bonus demografi, dan membantu pemerintah dalam meminimalisir fenomena stunting melalui kegiatan preventif.

Hasto pada kesempatan itu berpesan kepada seluruh partisipan dari 34 provinsi yang hadir untuk terus mendukung kegiatan Genre kedepannya.

“Anak Genre ini 10-20 tahun lagi akan jadi gubernur, menteri, DPR, jadi presiden. Makanya setiap ketemu forum Genre, forum anak, forum OSIS saya hormat karena dia akan jadi leader kedepannya, karena Genre kita punya kemampuan intelektual dan pemikiran yang luar biasa,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia optimistis Genre ini akan membawa masa depan Indonesia lebih cerah lebih sejahtera. (ANT/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular