Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Stadion Andi Hasan Opu To Hatta, Visi Luwu Timur Menuju Kemajuan Olahraga

LUWU TIMUR, KORAN SULSEL – Kabupaten Luwu Timur kini memiliki stadion baru yang diberi nama Stadion Andi Hasan Opu To Hatta. Stadion ini terletak di dekat Gedung Olah Raga (GOR) dan Terminal Baru Malili, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili.

Stadion yang mengalami proses pembangunan yang cukup panjang akhirnya diresmikan oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-40 dan pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Luwu Timur, pada Sabtu (09/09/2023). Acara dimulai dengan parade dari 11 peserta PORKAB Kabupaten Luwu Timur, Tim Jurnalis FC, dan Panitia PORKAB Luwu Timur yang diiringi oleh musik dari Marching Band SMA Negeri 3 Luwu Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman, mengungkapkan bahwa tindakan baik yang dilakukan oleh orang tua kita akan abadi dalam ingatan masyarakat. Stadion ini diberi nama Andi Hasan Opu To Hatta sebagai penghargaan kepada keluarga almarhum H. Andi Hasan Opu To Hatta yang memiliki sejarah panjang dalam pembangunan daerah ini.

Stadion ini sempat mengalami masa mangkrak selama sekitar 9 tahun sebelum akhirnya direnovasi. Renovasi stadion ini dilakukan untuk meningkatkan fasilitas olahraga bagi masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Budiman berharap agar stadion ini dapat dijaga dengan baik dan digunakan oleh masyarakat untuk bermain bola. Selain itu, ia juga menyampaikan rencana untuk melanjutkan pembangunan tribun pada tahun 2025.

Pada kesempatan ini, Bupati Luwu Timur juga mengajak semua pihak untuk menjadikan PORKAB ini sebagai momen untuk memupuk semangat sportivitas, persatuan, dan kebersamaan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Parmudora) Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad, menjelaskan bahwa PORKAB ini akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 16 September 2023 dengan mengadakan 9 cabang olahraga di dua kecamatan, yaitu Wotu dan Malili.

Acara pembukaan PORKAB Lutim Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Luwu Timur. Sementara peresmian Stadion Andi Hasan Opu To Hatta ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Budiman.

Pada kesempatan ini, Bupati Luwu Timur juga memberikan penghargaan kepada Kajari Luwu Timur, Dr. Yadin, yang telah mendampingi pembangunan stadion, serta kepada peraih Medali Perunggu U12 pada perhelatan 21th ASEAN Tahun 2022 di Bangkok, Thailand, Satya Sakti Narayana.

Acara ini juga mencakup laga eksebisi sepak bola FOURFEO antara Tim Pemda Lutim FC yang diperkuat oleh dua legenda PSM (Syamsul Haeruddin dan Ronny Ririn) melawan Adhyaksa FC, DPC Apdesi FC, dan Jurnalis FC yang juga diperkuat oleh legenda PSM, Charles Lionga asal Kamerun.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua II DPRD Lutim, H. Usman Sadik, Forkopimda Lutim, Sekretaris Daerah Lutim, H. Bahri Suli, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Pimpinan dan Management PT. Vale Indonesia, Ketua KONI Lutim, Ketua dan Pengurus Cabor se-Lutim, Panitia Pelaksana PORKAB dan HAORNAS, serta Keluarga Besar Almarhum H. Andi Hasan Opu To Hatta.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular