Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Jokowi Usulkan Agus Subiyanto sebagai Calon Panglima TNI, Menunggu Persetujuan DPR

PENAJAM PASER UTARA, KORAN SULSEL – Presiden Joko Widodo telah mengusulkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI kepada DPR pekan lalu. Presiden Jokowi pun menilai Jenderal Agus memenuhi semua aspek untuk dicalonkan jadi Panglima TNI.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada awak media di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, (01/11/2023).

“Sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu. Pertama, beliau ini kan Wakil KSAD, kemudian menjadi KSAD. Tapi kalau melihat jam terbangnya, saya kira di teritorial, kemudian di administratif, akademis, semuanya memenuhi,” ujar Presiden.

Namun, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa keputusan akhir masih menunggu persetujuan dari DPR terkait pencalonan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI.

“Ya belum, satu-satu. Ini kan memerlukan persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan kita akan mempertimbangkan KSAD yang baru.” ungkapnya

Sementara itu, pengganti Jenderal Agus Subiyanto dalam jabatan KSAD belum diumumkan oleh Presiden Jokowi. Pencalonan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI akan menggantikan Laksamana Yudo Margono, yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November mendatang.

Sebagai informasi tambahan, sebelum menjabat sebagai KSAD, Jenderal Agus Subiyanto pernah menjabat sebagai Wakil KSAD dan menduduki beberapa posisi strategis lainnya, termasuk Pangdam III/Siliwangi, Komandan Paspampres, dan Danrem 061/Surya Kencana.(Hms/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular