Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PLN UIP Sulawesi Raih Penghargaan ISDA 2023 Kategori Platinum

MAKASSAR, KORAN SULSEL – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi meraih penghargaan kategori Platinum pada ajang penganugerahan Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) di Jakarta.

“Penghargaan tersebut diperoleh dari hasil kontribusi PLN dalam pembangunan berkelanjutan melalui program PLN Peduli pemberdayaan masyarakat Desa Lampoko, Kabupaten Barru, Sulsel, yaitu, pengembangan usaha masyarakat di sekitar infrastruktur ketenagalistrikan PLTU Barru-2 yang berlokasi di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru,” kata Senior Manajer Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, Nur Akhsin dalam keterangan pers di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, penghargaan diserahkan langsung oleh Staf Ahli Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) sekaligus Ketua DJKN, Agus Suprapto kepada dirinya mewakili PLN UIP Sulawesi.

Menurut dia, penghargaan tersebut terkait upaya pendampingan pihak PLN UIP Sulawesi melalui Program Pengembangan Usaha Masyarakat Desa Lampoko khususnya tujuan SDGs 8.3. (a) yakni Peningkatan Peluang Usaha dan Kerja Bagi Masyarakat.

“Program ini telah kami jalankan secara berkelanjutan mulai tahun 2021 – 2023. Berawal dari pengembangan penggarapan lahan, budidaya pertanian bawang merah, sampai dengan pengolahan dan penjualan bawang goreng yang dijalankan Kelompok Wanita Tani Bunga Desa,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui program ini masyarakat Desa Lampoko bisa lebih sejahtera dan mandiri dalam mengembangkan usahanya.

Dalam menjalankan program tersebut, pihak PLN senantiasa didukung oleh pemerintah desa setempat, mulai dari perencanaan, monitoring dan evaluasi program. Karena itu, ia berharap program ini terus berkelanjutan demi memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan kemajuan Desa Lampoko.

Sementara itu, Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen perusahaan dalam berkontribusi untuk kegiatan sosial serta berinovasi pada program CSR yang dijalankan sejalan dengan Sustainable Development Goals dan sesuai dengan ISO 26000.

Bahjuri Ali selaku Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs menambahkan, SDGs ini merupakan tugas bersama baik dari unsur pemerintah, swasta, masyarakat dan organisasi untuk menyelamatkan bumi.

“Jadi semua pihak harus berkomitmen menciptakan bumi yang nyaman, bumi yang sejahtera, baik untuk manusianya dan alam tempat tinggal kita” ujarnya. (ANT/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular