Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PKM IPDN Sulawesi Selatan, Mengangkat Kapasitas Desa dan Teknologi Tepat Guna

GOWA, KORAN SULSEL – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulawesi Selatan menggelar acara Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Balai Desa Pallangga, Kabupaten Gowa, Sabtu (14/10).Acara bertema “Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Pemberdayaan Masyarakat” berhasil memberikan wawasan mendalam kepada aparatur desa dan masyarakat setempat.

Dalam acara ini, para peserta diajari tentang penyusunan Profil Desa, peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), serta perencanaan pembangunan desa. Selain itu, teknologi tepat guna (TTG) dalam konteks pengemasan dan pemasaran produk keripik tempe menjadi sorotan penting.

“Konsep TTG sebagai suatu teknologi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan lokal dan kondisi lingkungan, pendekatan TTG seringkali melibatkan pengembangan teknologi secara tradisional dan sederhana, dengan mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan dan mata pencaharian masyarakat setempat” ujar tim praja

Acara PKM juga menjadi wadah bagi nara sumber kompeten, termasuk para dosen dan mahasiswa IPDN Sulawesi Selatan, untuk berbagi pengetahuan mereka dengan Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat Desa Pallangga.

Antusiasme masyarakat Desa Pallangga, terutama dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang keripik tempe, sangat tinggi. Masyarakat berperan aktif dalam kegiatan PKM dan berharap untuk mendapatkan dukungan dalam pemasaran produk mereka.

PKM ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam pengembangan kapasitas desa dan UMKM di Desa Pallangga serta menjadi bukti kolaborasi yang kuat antara IPDN Kampus Sulawesi Selatan, aparatur desa, dan masyarakat dalam mencapai pembangunan berkelanjutan. (YK/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular