Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Gubernur Sulsel Ingin Bone Jadi Daerah Penghasil Sukun

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menyampaikan keinginannya agar Kabupaten Bone menjadi daerah penghasil sukun yang lebih dikenal secara luas.

“Kita mau jadikan Bone ini benar-benar penghasil sukun, karena saya sering inden sukun (pembelian barang dengan cara memesan dan membayar terlebih duhulu),” ujarnya di Makassar, Jumat.

Mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini memang tengah gencar mengawal program ketahanan pangan di Sulawesi Selatan dengan program unggulan yang dicanangkan ialah Sulsel penghasil pisang Cavendish.

Dia juga mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN di ruang lingkup Pemprov Sulsel untuk menanam cabai di halaman rumah, 10 pohon cabai per orang.

Maka dari itu, Bahtiar kerap menyambangi berbagai daerah kabupaten/kota dalam rangka menggencarkan aksi ketahanan pangan dengan beragama potensi masing-masing daerah. Salah satunya di Kabupaten Bone yang dikenal dengan sukunnya.

Sehari sebelumnya, Bahtiar bersama Pemerintah Kabupaten Bone menghadiri Gerakan Gemar Menanam Sukun di Desa Sappe Walie Kecamatan Ulaweng, Bone.

Pada kesempatan ini, Bahtiar bercerita tentang dirinya yang kerap ingin membeli sukun, tapi tidak ada. Hal itu disebut dialaminya saat akan mengirim atau hendak membawa sukun ke Jakarta.

“Saya mau ke Jakarta, mencari 100 sukun saja biasa tidak ada. Tiap minggu saya mau beli (sukun), barangnya tidak ada dan harus inden,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sappe Walie Andi Taslim menyebutkan desanya menjadi salah satu titik penanaman sukun. Lahan seluas kurang satu hektar ditanami sukun.

“Kalau luas lahan kurang 1 hektar. Kalau pohon (bibit sukun) kurang lebih 70 pohon,” kata dia.

Saat ini, Kabupaten Bone menjadi salah satu lokus penanaman ribuan pohon oleh Pemprov Sulsel bekerja sama pemerintah setempat, terdiri dari Pohon Mangga, Sukun, dan Nangka serta ratusan pohon buah lainnya.

Pelaksanaan Gerakan Gemar Menanam ini tersebar di Desa Usa Kecamatan Palakka dan Desa Seppa Walie Kecamatan Ulaweng serta Desa Mario Kecamatan Mare.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dandim 1407 Bone, Kapolres Bone, Dandempom Bone, Cabang Dinas Kelautan Bosowasi, beberapa kepala OPD. Hadir pula Forkopimcam Ulaweng, Sekcam Bengo, Lurah/Kades se- Kecamatan Ulaweng dan tamu undangan lainnya. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular