Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Sulsel di Bone, Berbagi Bahagia dan Penghargaan

BONE, KORANSULSEL – Peringatan Nuzulul Qur’an pada 17 Ramadan 1445 Hijriah Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dipusatkan di Kabupaten Bone, 27 Maret 2024. Pelaksanaannya dilaksanakan di Lapangan Merdeka dan Rumah Jabatan Bupati Bone.

“Saya Penjabat Gubernur Sulsel atas nama pemerintah dan masyarakat Sulsel dan kawan-kawan Forkopimda, tokoh agama, Kementerian Agama, mengucapkan selamat Nuzulul Qur’an di Bulan Ramadan,” kata Bahtiar Baharuddin.

Momentum 17 Ramadan dijadikan kesempatan untuk menguatkan semangat kekeluargaan sebagai umat beragama melalui Program Berbagi Bahagia. Semangat bersedekah dan menularkan kebaikan kepada orang sekitar.

“Kalau kita tidak mampu membagi dalam bentuk barang, minimal memberikan senyuman dan kebahagiaan memperdengarkan kata-kata yang baik kepada orang-orang sekitar kita,” tuturnya.

Adapun Rektor UIN Alauddin, Prof. Hamdan Juhannis, saat memberikan ceramah menyampaikan, tema Nuzulul Qur’an sangat menarik. Tema “Berbagi Bahagia” sangat cocok dikaitkan dengan momentum Nuzulul Qur’an. Al-Qur’an, sebagai kitab suci, juga dapat disebut sebagai kitab berbagi kebaikan. Banyak ayat dan surah yang menyinggung tentang pentingnya berbagi dan perilaku kebaikan.

“Karena banyak ayat, surah menyinggung tentang pentingnya berbagi. Dan Al-Qur’an itu tujuannya untuk kebaikan. Banyak kata atau ungkapan yang menunjukkan bagaimana perilaku kebaikan dilakukan,” ucapnya.

Prof. Hamdan mendorong kegiatan berbagi untuk dibudayakan, termasuk berbagi pohon. Inovasi seperti Sedekah Pohon diapresiasi karena merupakan langkah baru yang luar biasa.

“Sedekah pohon ini inovasi, ini baru, luar biasa, baru saya dengar. Biasanya sedekah uang. Apresiasi untuk Bapak Gubernur,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Penjabat Gubernur Sulsel juga menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada Kafilah Sulsel pada STQH Nasional XXVII di Provinsi Jambi, yang dilaksanakan 28 Oktober – 7 November 2023 lalu.

Adapun penghargaan diberikan kepada:

– Terbaik I, Muslihah Jamaludin, Cabang Hifzh Al Qur’an Golongan 30 Juz (Puteri) dengan hadiah Rp250 juta.

– Terbaik II, Irma Juliana Hasbullah, Cabang Musabaqah Al Hadits, Golongan Hafalan 100 Hadits dengan sanad (Puteri) dengan hadiah Rp100 juta.

– Terbaik III, Nurfaizah Jamaluddin, Cabang Tafsir Al Qur’an, Golongan Bahasa Arab (Puteri) dengan hadiah Rp75 juta.

– Harapan I, Rozin Nasrullah Cabang Musabaqah Al Hadits, Golongan Hafalan 500 Hadits tanpa sanad (Putera) dengan hadiah Rp20 juta.

– Harapan II, Istiqlal, Cabang Tilawah, Golongan Anak-anak (Putera) dengan hadiah Rp15 juta. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular