Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Optimalkan Tridarma Perguruan Tinggi: FSD UNM dan Dinas Kebudayaan Makassar Jalin Kerjasama

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Dekan Fakultas Seni dan Desain, Dr Tangsi bersama jajaran staf, menerima kunjungan dari Dinas Kebudayaan Kota Makassar. Rombongan dari Dinas Kebudayaan dipimpin Kepala Dinas, Ir. Andi Herfida Attas.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Senat lantai 2 Fakultas Seni dan Desain Kampus Parangtambung UNM Jalan Mallengkeri Kota Makassar, Selasa (21/11/23).

“Perjanjian kerja sama antara kedua lembaga ini dilaksanakan dengan maksud untuk menjadi landasan dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi mereka, guna mendukung penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi,” ungkap Tangsi.

Ia menambahkan bahwa perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan sinergi dan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi kampus, terutama terkait pengembangan kurikulum dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu fokusnya adalah pelaksanaan program magang bersertifikat, termasuk pengembangan kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta penyelenggaraan mata kuliah magang, kerja profesi, dan KKN profesi/tematik.

“Harapan kerjasama ini benar-benar akan dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan yang nyata, termasuk penempatan mahasiswa Fakultas Seni dan Desain untuk magang di kantor Dinas Kebudayaan Kota Makassar,” beber Andi Herfida

Satriadi menyampaikan bahwa sebelum penandatanganan perjanjian kerja sama ini, beberapa kegiatan telah dilaksanakan, seperti pameran kolaborasi antara Fakultas Seni dan Desain dan koleksi Museum Kota Makassar pada tanggal 20-22 November di Galeri Colliq Pakue.

Pameran tersebut menampilkan karya hasil lomba edukatif yang juga telah dipresentasikan di Museum Kota Makassar.

“Selain itu, telah diselenggarakan seminar hasil kajian koleksi Museum Kota Makassar, dengan beberapa narasumber yang merupakan dosen dari Fakultas Seni dan Desain, serta narasumber dari Universitas Hasanuddin. Mayoritas peserta seminar berasal dari Fakultas Seni dan Desain dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar,” jelas Satriadi.

Setelah penandatanganan kerja sama, acara diakhiri dengan serah terima souvenir dan sesi foto bersama antara Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dengan Dinas Kebudayaan Kota Makassar.(HMJ/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular