Sabtu, Maret 2, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menumbuhkan Cinta Tanah Air, Santri Darul Aman Gombara Kunjungi Lantamal VI

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Pagi yang cerah menyambut 113 santri tingkat SMP kelas 9 Pondok Pesantren Darul Aman Gombara menjadi awal dari kunjungan mereka ke Lantamal VI Kota Makassar, pada Selasa (24/10/23) sebuah pengalaman yang sarat makna dalam rangka menerapkan Proyek P5, Profil Pelajar Pancasila, yang mengusung tema “Sikapku, adalah cerminan diriku”.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih dalam tentang cinta tanah air dan dunia kemiliteran, khususnya Angkatan Laut, kepada para santri.

Kegiatan dimulai dengan kunjungan ke museum Naval RE Martadinata, di mana para santri diperkenalkan dengan peninggalan bersejarah dunia kemaritiman, seperti pakaian selam yang digunakan pada tahun 1950-an, beragam peralatan TNI AL, replika perahu sandeq, dan Dewaruci, kapal legendaris. Sebuah film dokumenter mengungkapkan sejarah kemaritiman yang kaya menjadi pencerahan.

Kunjungan berikutnya membawa mereka ke dermaga TNI AL, di mana kapal perang bersandar. Para santri diberikan kebebasan untuk bertanya tentang kapal perang, mengamati peralatan yang ada, dan mengabadikan momen mereka di kapal tersebut.

Kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan-rekan dari TNI AL, termasuk Komandan Lantamal VI, memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Banyak santri mengungkapkan kesan mendalam tentang keramahan dan dedikasi rekan-rekan di TNI AL. Beberapa bahkan mulai bercita-cita untuk menjadi personil TNI AL di masa depan.

“Saya merasa mendapatkan pelajaran berharga dari kegiatan ini. Kita bisa mengerti ternyata menjadi bangsa itu harus didukung oleh banyak elemen, termasuk militer. Dan saya bangga bangsa kita sangat perhatian dengan hal itu.” ujar salah satu santri

Kegiatan ini telah memberikan dampak positif bagi para santri dalam pengembangan sikap positif, patriotisme, dan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya pertahanan negara. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menjadikan kunjungan ini sebagai pengalaman yang berkesan. Semoga kunjungan serupa akan terus memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi warga negara yang peduli dan cinta tanah air.(RA/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular