Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menginspirasi Melalui Dedikasi, Kisah Agusaryanto Sebagai Paskibraka di Istana Negara

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Agusaryanto, pemuda berprestasi asal Makassar, telah mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai salah satu anggota Paskibraka Indonesia tahun 2023 mewakili Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan tekad dan semangatnya yang luar biasa, Agusaryanto telah menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda di Sulawesi Selatan, khususnya kota Makassar.

Agusaryanto, merupakan putra dari Bapak Irwansuarto. TS dan Ibu Suriana, menjalani masa pendidikannya saat ini di SMA Negeri 21 Makassar. Perjalanan gemilangnya dalam Paskibraka dimulai saat ia memutuskan untuk mengikuti seleksi tingkat kota di Makassar. Awalnya, Agus hanya berharap bisa lolos seleksi tingkat kota, tetapi takdir berkata lain. Dia berhasil terpilih untuk mewakili kota Makassar ke tingkat provinsi.

Seleksi di tingkat provinsi pun tidaklah mudah. Agusaryanto harus menghadapi berbagai tes yang mencakup samapta, PBB, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, tes kepribadian, dan tes psikologi. Hari kedua seleksi bahkan memaksanya untuk berjuang hingga pukul 2.30 dini hari. Seminggu kemudian, pengumuman akhirnya datang, dan dengan hati berbunga, Agus menerima kabar baik, “Alhamdulillah saya lolos ke tingkat pusat mewakili Sulawesi Selatan.”

Di tingkat pusat, Agusaryanto menjalani pelatihan intensif di pusdiklat, dengan tekad untuk mengabdikan dirinya kepada negara dan mengibarkan Sang Merah Putih pada peringatan kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara, Jakarta.

Keberhasilannya tidak berhenti di situ. Ia terpilih menjadi pimpinan barisan, atau danpok 17, pada peringatan kemerdekaan 17 Agustus 2023. Dan hal itu baru diumumkan pada saat jam 7 pagi tanggal 17 Agustus 2023, atau beberapa jam sebelum pengibaran bendera. Agus mengungkapkan, “Saya merasa saya terpilih menjadi pimpinan barisan mungkin karena saya lebih lantang daripada teman-teman saya yang lain. Saya juga tidak tahu kenapa saya yang dipilih, tapi yang terpenting saya bisa memberikan yang terbaik pada saat bertugas, dimanapun posisi saya.”

Selama berada di sana, Agusaryanto merasakan kebahagiaan dan kebanggaan yang luar biasa. Ia menemukan sebuah keluarga baru di antara sesama Paskibraka 2023. Kakak pamongnya, yang merupakan pengasuh mereka, menjadi sosok seperti orang tua yang mendengarkan curhatan, memotivasi, dan memberikan perhatian seperti seorang orang tua sejati. Agus bersama teman-teman Paskibraka lainnya merasa bahwa ini adalah keluarga besar yang tidak akan mereka lupakan selamanya.

Selain itu, Agusaryanto juga mengapresiasi dukungan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), yang telah menyediakan semua kebutuhan mereka dan selalu siap dengan tim medis 24 jam tanpa mengeluh. Hal ini membuat mereka merasa sangat terbantu dan dihargai.

Kepada awak redaksi Koran Sulsel, Agusaryanto menitipkan pesan inspiratif untuk generasi Sulawesi Selatan yang akan datang. Dia menekankan pentingnya memberikan yang terbaik untuk daerahnya dan Indonesia, “ketika menjadi Paskibra, jangan mengincar posisi, karena kita satu pasukan yang memiliki tujuan sama. Memberikan yang terbaik untuk Indonesia dimanapun posisi kita.”

“Teruslah berjuang kejar cita-cita. Jangan pernah takut gagal karena dalam hidup ini tidak ada kata gagal, yang ada hanya kata berhasil dan belum berhasil. Tetap semangat,” ujarnya dengan semangat membara.

Pemuda berbadan tegap ini memiliki cita-cita untuk masuk Akademi Kepolisian (Akpol) dan akan terus berusaha keras untuk mewujudkannya. Baginya, peringatan kemerdekaan 17 Agustus 2023 adalah awal dari pertempuran panjang menuju masa depan yang lebih keras, dan ia mengingat kata-kata pamongnya, “keraslah terhadap dirimu sendiri, maka dunia akan lembut padamu.”

Agusaryanto adalah teladan nyata bagi pemuda Sulawesi Selatan yang berani bermimpi besar dan berjuang keras untuk mewujudkannya. (KS)

Agusaryanto saat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, pasca menunaikan tugasnya sebagai Paskibraka 2023. (Dok. Ist)
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular