Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Sulsel-Kodam Hasanuddin Kolaborasikan Penanganan Sengketa Pemilu

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan bersama Kodam XIV/Hasanuddin berkolaborasi untuk penanganan penyelesaian pelanggaran dan sengketa yang bisa berpotensi terjadi pada Pemilu serentak 2024.

“Kami membutuhkan pihak-pihak terkait agar bisa membantu pendataan wilayah yang dikategorikan rawan dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Kita berharap bisa bekerja sama dengan aparat terkait untuk menyukseskan Pemilu 2024,” ujar anggota KPU Sulsel Upi Hastati saat rapat koodinasi di kantor KPU setempat, Rabu.

Upi menambahkan potensi pelanggaran bisa saja terjadi, sehingga pihaknya bersama Kodam XIV/Hasanuddin beserta pihak lain turut membantu dalam hal penanganan penyelesaian pelanggaran dan sengketa Pemilu.

Sementara itu, Asisten Intelijen (Asintel) Kasdam Kolonel Inf Enjang, mewakili Panglima Kodam XIV/Hasanuddin pada kegiatan itu mengatakan dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan semua stakeholder dapat bekerja sama dengan baik.

Selain itu, Pihak Kodam XIV/Hasanuddin, sesuai dengan Rentinkon Kodam siap mendukung operasi perbantuan TNI kepada Polri pada penyelenggaraan Pemilu 2024 sesuai dengan peraturan Perundang-undangan perbantuan TNI kepada Polri.

“Kami dari Kodam XIV/Hasanuddin siap untuk melaksanakan bantuan keamanan dari segi personel materil guna menyukseskan Pemilu 2024,” tuturnya.

Oleh karena itu, Kodam XIV/Hasanuddin telah menyiapkan personil dan pasukan untuk membantu pengamanan Pemilu dan siap mendukung seluruh kegiatan pengamanan selama proses tahapan Pemilu Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden.

“Kami sudah menyiapkan ribuan personel dan perlengkapan dengan harapan Pemilu dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,” paparnya menegaskan.

Sebelumnya, TNI dan Polri telah disiapkan untuk menjalankan pengamanan Pemilu melalui Operasi Mantap Brata dengan menurunkan sebanyak 12.867 personil dari Satuan Tugas (Satgas) TNI dan selama proses tahapan Pemilihan Umum serentak pada 14 Februari 2024 di Sulsel. (ANT/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular