Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kompetisi Senyum Inkubasi BRI, Tiga UMKM Raih Modal Usaha

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Sebanyak tiga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berhasil meraih modal usaha melalui kompetisi Program Senyum Inkubasi yang digelar PT BRI di Makassar sejak Juni-September 2023.

Adapun masing-masing pemenang menerima hadiah sebesar Rp20 juta untuk juara 1 bernama Imes Juannisa Qorin pemilik UMKM Chicken Melo, juara 2 Rp15 juta yaitu Irianti Aprilia pemiliki UMKM Lochips Anhady dan juara 3 Rp10 juta oleh Andi Tenri Pakkua Bungawalia UMKM Ungatawwa Handmade.

“Merekalah yang visioner dan antusias ingin membangun dan mengembangkan usahanya. Penilaian telah dilakukan sejak awal program, mulai keaktifan dalam forum hingga hasil presentasi dari 15 kandidat,” ujar Mentor HaiBolu pada Program Senyum Inkubasi Makassar Muhammad Hambali di Makassar, Rabu.

Program Senyum Inkubasi UMKM ini merupakan program bersama antara BRI, Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNPM) yang turut menggandeng HaiBolu, penyedia jasa belajar penjualan secara online dan berbagi pengalaman.

Digelar di Rumah BUMN BRI, kegiatan pelatihan yang dikemas dengan kompetisi bisnis itu diikuti 100 UMKM ultra mikro yang berasal dari berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan hingga luar Sulsel seperti Bulukumba, Mamuju, Majene, Sinjai, Takalar, Maros, Bone, Wajo dan lainnya.

Pelaku UMKM Ultra Mikro ini telah dikurasi menjadi 50 UMKM, kemudian dikurasi menjadi 15 UMKM pada September hingga menyisakan tiga UMKM paling visioner.

Hambali menguraikan bahwa penugasan evaluasi dilakukan dengan sejumlah penilaian, seperti kehadiran, semangat mengikuti pelatihan, praktek kegiatan, keaktifan dalam diskusi secara daring dan offline, partisipasi mengikuti materi di kelas dengan baik, hingga aktif pada program sesi satu per satu.

Senyum Inkubasi ini merupakan program paralel yang berlangsung di Jogjakarta, Manado dan Makassar.

Salah satu pelaku UMKM yang lolos dalam 15 besar program Senyum Inkubasi bernama
Musdalifah Riwayati mengaku giat ini sangat bermanfaat baginya, sebab selain menjanjikan modal usaha melalui kompetisi, juga memberikan banyak ilmu selama proses kurasi.

Dia tidak berputus asa, apalagi kecewa lantaran tidak bisa menjadi pemenang, sebab kompetisi yang berlangsung sejak Juni itu telah menghadirkan jaringan baru baginya, pengetahuan, relasi dan masih banyak lagi.

“Ini kali pertama ikut kegiatan ini dan sangat bagus sekali, manfaatnya banyak, ilmu yang diperoleh, teman dan relasi,” kata Musdalifah yang tengah mengembangkan produk eco print dari Kabupaten Soppeng.

Berkat Program Senyum Inkubasi tersebut, Musdalifah kini tercatat sebagai UMKM binaan BRI melalui Rumah BUMN BRI Makassar.

“Saya bersyukur bisa terdaftar jadi binaan BRI, karena selain pelatihan, RB BRI juga bantu pemasaran dengan memperkenalkan produk saya lewat pameran dan event yang bisa meningkatkan brand saya,” kata pemilik. (KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular