Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kerja Sama Telkom-KADIN: Langkah Strategis Digitalisasi UMKM di Era Modern

KORANSULSEL – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersinergi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk mempercepat digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, dan Wakil Ketua Umum KADIN Wilayah Sulawesi, Kukrit Suryo Wicaksono.

Komang Budi Aryasa menyatakan bahwa MoU ini bertujuan sebagai landasan transformasi digital UMKM di bawah KADIN. Dengan ini, UMKM dapat memasarkan produk atau jasanya secara digital melalui platform PaDi UMKM, sebuah produk digital dari Leap-Telkom Digital (Leap).

“MoU ini membuka jalan bagi UMKM, anggota dari KADIN, untuk semakin digital sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar Komang.

Selain itu, kerja sama ini juga memberikan peluang bagi UMKM untuk melakukan transaksi dengan BUMN dan perusahaan luar BUMN yang terdaftar di PaDi UMKM. CEO PaDi UMKM, Jimmy Karisma, menambahkan, “PaDi UMKM memudahkan BUMN dan luar BUMN untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasanya. Para pelaku UMKM yang memiliki produk dan jasa berkualitas juga lebih mudah dan efektif dalam memasarkan produknya melalui pemanfaatan teknologi.”

Diharapkan, melalui transformasi digital ini, perekonomian Indonesia akan mengalami pertumbuhan yang lebih besar. Kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat digitalisasi di sektor UMKM dan mewujudkan ekosistem digital Indonesia yang lebih integratif.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di sela-sela acara Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) 2023 dan turut dihadiri oleh Ketua Umum KADIN, Arsjad Rasjid. (KS)

Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular