Sabtu, Maret 2, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kapolda Sulawesi Selatan dan Wali Kota Makassar Teken MoU untuk Meningkatkan Keamanan Kota

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, dan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Balai Kota, Senin, (11/09)

Adapun tujuan dari MoU untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Kota Makassar. MoU ini tentang pelayanan publik berbasis integrasi teknologi informasi antara Pemerintah Kota Makassar dan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, dengan fokus utama pada penggunaan teknologi untuk memantau lalu lintas dan keamanan masyarakat.

Dalam penandatanganan MoU ini, Kapolda Sulsel menyampaikan apresiasi terhadap upaya Wali Kota Makassar dalam menempatkan CCTV hingga ke lorong-lorong.

“Pak Wali ini luar biasa karena sudah menempatkan ribuan CCTV. Dengan kerjasama integrasi jaringan IT antara Pemkot dan Polda maka itu saling mendukung untuk menciptakan ketertiban di masyarakat,” Ujar Irjen Pol Setyo

Perpanjangan MoU ini telah berjalan selama tiga tahun, dan hasilnya telah membantu Polda Sulsel dalam mengungkap kasus kejahatan dan mendukung penegakan hukum lalu lintas, yang berkontribusi pada penurunan pelanggaran lalu lintas.

Ramdhan Pomanto, Wali Kota Makassar, juga mengungkapkan bahwa selama kerja sama ini berlangsung, timnya telah memanfaatkan momentum ini untuk meminta masukan dari Kapolda dalam pengaturan lokasi dan sudut pemasangan CCTV yang lebih efektif. Ini akan memungkinkan deteksi dini dan respons yang lebih cepat terhadap situasi yang memerlukan tindakan.

Selain itu, Pemkot Makassar sedang membangun War Room terbaru dengan teknologi terbaru, termasuk teknologi 8K. Meskipun ini akan menjadi warisan bagi Kota Makassar, Ramdhan Pomanto menekankan bahwa manfaatnya akan terus dirasakan dengan garansi 100 ribu jam.

Saat ini, CCTV telah dipasang di lebih dari 2.000 lorong wisata dari target sebanyak 5.000 lorong, dengan tujuan agar seluruh sisi kota dapat termonitor dengan baik. Langkah-langkah ini diambil untuk menjaga stabilitas keamanan seiring dengan agenda politik yang akan datang.

Dengan penandatanganan MoU ini, Pemkot Makassar dan Polda Sulsel berkomitmen untuk terus berkolaborasi menggunakan teknologi informasi guna meningkatkan keamanan dan ketertiban di Kota Makassar. (Hms/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular