Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jokowi Sambut Pemimpin Negara Pulau di KTT AIS Forum 2023 di Bali

JAKARTA, KORAN SULSEL – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dengan penuh keramahan menyambut kedatangan para pemimpin negara-negara pulau dan kepulauan yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, pada Rabu (11/10/23)

Presiden tampak bersemangat menyambut para pemimpin tersebut, menyapa mereka dengan salam tangan hangat, serta berfoto bersama sebelum mereka memasuki ruang pertemuan. Di dalam ruangan tersebut, layar bertema dasar laut yang dipenuhi gambaran terumbu karang menjadi latar belakang.

Kedatangan para pemimpin negara pulau dan kepulauan ini dimulai dengan Deputi Perdana Menteri (PM) Fiji Manoa Seru Nakausabaria Kamikamica, Deputi PM Tonga, Samiu Kuita Vaipulu, dan PM Niue, Emani Makamau Tagelagi.

Mengikuti mereka adalah PM Sao Tome dan Principe, Patrice Emery Trovoada, PM Timor-Leste, Xanana Gusmao, PM Tuvalu, Kausea Natano, serta Presiden Mikronesia, Wesley W. Simina.

Forum AIS adalah platform kerja sama global antara negara-negara pulau dan kepulauan yang bertujuan memperkuat kolaborasi dalam mengatasi tantangan global. Forum ini berfokus pada empat bidang utama, yaitu mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang efisien. KTT AIS Forum ini diadakan dengan tujuan memperkuat peran AIS Forum sebagai pusat solusi inovatif dan sebagai wadah untuk mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.(KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular