Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Forkopimda Sulsel Pantau Pemungutan Suara Pemilu 2024 di TPS

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Sulawesi Selatan memantau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa melakukan sesuai yang kita rencanakan. Alhamdulillah, udara pagi hari ini dan cuaca sangat baik,” kata Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di TPS 005 Balai Rehabilitasi Wira Jaya Bina Daksa, Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakukang, Makassar, Rabu.

Dalam kunjungan tersebut Pj Gubernur Sulsel didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli, Ketua KPU Sulsel Hasbullah, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Dandim 1408/BS Letkol Inf Lizardo Gumay dan beberapa pejabat lainnya.

“Mudah-mudahan dengan cuaca sangat baik ini, kita mengharapkan dan mengimbau saudara-saudara kita di Sulsel menggunakan hak pilihnya dan datang ke TPS. Ini supaya tingkat partisipasi bisa lebih tinggi dr pemilu sebelumnya. Pemilu lalu kan 81 persen,” paparnya kepada wartawan.

Sebagai Pj Gubernur Sulsel, kata dia, seperti tim kesehatan untuk melakukan kesiapsiagaan sehingga melalui kesempatan ini mengimbau kepada seluruh tim kesehatan di Pemprov dan Pemkot Makassar agar memberikan pelayanan terbaik bagi penyelenggara Pemilu 2024.

“Karena kita tahu menjadi petugas TPS dan penyelenggara pemilu itu tugas yang sangat mulia, tugas panggilan jiwa dan pengabdian pada negara. Jadi saya memohon betul kepada saudara, teman-teman, aparat pemda, TNI Polri yang tergabung dalam tim kesehatan termasuk sukarelawan,” katanya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 005 di Balai Rehabilitasi Wira Jaya Bina Daksa, Kelurahan Sinrijala Dahlia Bahtiar mengatakan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 261 pemilih, tercatat 132 perempuan dan 129 laki-laki dan enam diantaranya penyandang disabilitas yang ikut mencoblos.

“Surat surat yang tersalurkan 221 selebihnya masih kita simpankan karena kami tidak menemukan alamatnya. Untuk DPTb tambahan ada 19 orang, satu diantaranya dari Kota Palopo. Untuk pemilih disabiltas kurang lebih 20 orang, cuma yang datang enam orang,” kata Dahlia menyebutkan.

Ia menuturkan, untuk penyandang disabilitas harus didampingi untuk mencoblos, sehingga pihaknya harus sabar menunggu sampai selesai menyalurkan hak pilihnya di bilik suara. Sedangkan pemilih lainnya berdomisili dekat gedung balai rehabilitasi setempat.

“Kita mesti sabar menunggu sampai teman-teman disabilitas selesai memilih. Tapi kita buka sampai pukul 13.00 Wita dan baru dilaksanakan penghitungan suara direncanakan pukul 13.30 Wita,” tuturnya menambahkan.

Berdasarkan data KPU Makassar, jumlah TPS yang tersebar di 15 kecamatan dengan 153 kelurahan sebanyak 4.004 unit TPS. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 1.036.965 juta pemilih dengan rincian laki-laki 501.371 ribu pemilih dan perempuan 535.594 ribu pemilih. (ant/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular