Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPKP Kabupaten Maros Gelar Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Fitri

MAROS, KORANSULSEL – Pemerintah Kabupaten Maros melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Maros menggelar Gerakan Pangan Murah(GPM) Serentak Nasional di Pelantaran Kantor DPKP Maros, Senin (01/04/2024).

Kegiatan ini sebagai upaya mendukung stabilitas harga pangan dan ketersediaan pasok pangan bagi masyarakat jelang perayaan Idul Fitri 1445H. serta turut memastikan akses pangan yang cukup bagi seluruh lapisan masyarakat di tengah tantangan ekonomi yang dihadapi oleh banyak keluarga.

Dalam keterangan resminya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros, Fadli menyampaikan bahwa gerakan ini menjadi bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten dalam memberikan solusi konkret terhadap masalah ketersediaan dan harga pangan yang terjangkau.

“Untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang Idul Fitri. Oleh karena itu, kami mengambil langkah konkret untuk memastikan bahwa pangan tetap terjangkau bagi semua kalangan,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, kegiatan pasar murah bertajuk GPM Serentak Nasional ini menjual sejumlah komoditas meliput beras, telur ayam, telur bebek, bawang merah, bawang putih , gula, daging sapi, terigu dan minyak goreng.

“Kami menyediakan 1000 kupon yang nantinya diberikan ke masyarakat yang ingin berbelanja, kupon ini nanti digunakan untuk mendapatkan potongan harga, seperti harga beras yang biasanya Rp 16 ribu per kilogram di sini hanya Rp 53 ribu per lima kilogram, minyak yang dipasaran bisa sampai Rp 16 ribu sementara di sini Rp 13 ribu sampai 15 ribu tergantung mereknya,” jelasnya

Gerakan Pangan Murah ini melibatkan berbagai pihak, termasuk petani lokal, pengusaha pangan, serta instansi terkait lainnya. Dengan kolaborasi yang erat, mereka berupaya untuk menekan harga pangan dan memastikan pasokan pangan mencukupi di pasaran.

“Hari selasa besok, ada bazar murah di Lapangan Sepak bola pakalu Kecamatan Bantimurung yang digelar oleh kodim 1422 diharapkan dengan gerakan ini bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya”

Selain itu, Fadli juga menyampaikan rencana akan ada lagi Gerakan Pangan Murah komoditi peternak pada hari kamis 04 April dan Jumat 05 April di halaman kantor Dinas pertanian diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, terutama menjelang momen Idul Fitri. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular