Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Budaya Massenrempulu, Aset Berharga yang Dijaga oleh HPMM Komisariat UIN Alauddin Makassar

GOWA, KORAN SULSEL – Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (HPMM) Komisariat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (KOM.UIN-AM) merayakan milad mereka yang ke-28 dengan penuh semangat. Acara berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN-AM pada Minggu (15/10)

Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati pencapaian HPMM Komisariat UIN Alauddin Makassar dari tahun 1995 hingga tahun 2023, mengingatkan pada cerita beragam yang telah terjalin sepanjang perjalanan organisasi ini. Mengusung tema “Membangun Kebersamaan dan Memberdayakan Mahasiswa Massenrempulu dalam HPMM KOM.UIN-AM,” acara ini juga menekankan pentingnya menjaga solidaritas dan kekeluargaan antara para anggota serta membantu meningkatkan kualitas mahasiswa untuk meraih kesuksesan bersama.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang perayaan milad, tetapi juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan Mahasiswa Baru (PMB) tentang pentingnya peran organisasi dalam lingkungan kampus, terutama organisasi kedaerahan yang mengutamakan kekeluargaan.

“Rasa bangga menjadi bagian dari HPMM Komisariat UIN Alauddin Makassar dan mengenang perjuangan para pendiri organisasi, banyak manfaat secara pribadi yang diperoleh dari berorganisasi, seperti memperluas jaringan dan mengenal rute-rute tersembunyi di Massenrempulu”. ujar Risal selaku Ketua Umum HPMM Kom. UIN-AM Periode 2023-2024 dalam sambutannya

Acara resmi kemudian dibuka oleh Kakanda Sirajuddin, yang juga Ketua Jurusan Ekonomi Islam di kampus UIN-AM. Selain perayaan milad, kegiatan ini juga menghadirkan Sharing Session dengan narasumber dari dewan senior berprestasi dalam karir mereka di moderatori oleh Ummi Qalsum.

Harmin Hatta, Dosen Desain Komunikasi Visual di Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, menyoroti keunikan budaya Massenrempulu yang perlu dijaga dan dipertahankan oleh para kader HPMM.

“Menggambarkan nilai dan budaya Massenrempulu sebagai aset berharga yang membedakan mereka dari daerah lain di sekitar Enrekang” Ujar Harmin yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum HPMM Kom. UIN Alauddin Makassar periode 2007-2008

Selanjutnya, Kakanda Sirajudin, berbicara tentang masa depan HPMM. Dia mengingatkan para mahasiswa tentang pentingnya memanfaatkan waktu mereka dengan bijak, mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk masa depan, dan menawarkan dukungan dalam berbagai bidang, seperti menjadi pelatih dalam berbicara di depan umum, menulis ilmiah, atau desain grafis.

Kakanda Henriono Minda, Staf Ahli Wakil Menteri Pertanian RI, mendorong semangat dalam berlembaga dan berbagi pengalaman yang ia peroleh melalui berorganisasi. Dia memotivasi para kader untuk tidak pernah berhenti berusaha dan memahami bahwa semangat adalah kunci kesuksesan.

Kakanda Juardi, seorang dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, menegaskan pentingnya kader HPMM dalam kompetisi nasional. Dia menekankan bahwa HPMM KOM.UIN-AM telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam berbagai kompetisi, menunjukkan kualitas mereka.

Acara ini adalah bukti nyata bahwa HPMM Komisariat UIN Alauddin Makassar terus aktif dalam pengembangan kader berkualitas. Para kader dengan antusias mendengarkan wejangan dan pengalaman dari para dewan senior yang telah mencapai puncak dalam berbagai bidang.(KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular