Sabtu, Maret 2, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Beredar Kabar Prof. Aswanto Ditunjuk Jadi Pj. Gubernur Sulsel oleh Presiden Jokowi

KORAN SULSEL – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dikabarkan telah menunjuk Prof. Aswanto, Mantan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI, sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan atau Pj Gubernur Sulsel. Prof. Aswanto akan menggantikan Andi Sudirman yang masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023 mendatang.

Prof. Aswanto, yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar, memiliki latar belakang sebagai ahli hukum pidana dan HAM. Ia pernah menjabat sebagai hakim konstitusi Republik Indonesia pada tahun 2018 dan menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi hingga tahun 2022.

Hingga saat ini, Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel, Idham Kadir, belum menerima informasi resmi terkait penunjukan Penjabat Gubernur di Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan yang masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023, mengakui bahwa penunjukan Penjabat Gubernur merupakan kewenangan penuh Presiden Joko Widodo. Ia menyatakan bahwa keputusan tersebut adalah hak prerogatif Presiden.

Sudirman juga menekankan pentingnya sosok Penjabat Gubernur untuk menjaga stabilitas pemerintahan selama masa transisi, serta menjaga kelancaran pelayanan publik selama masa pemilihan umum serentak.

Saat ini, Sudirman belum memutuskan nasibnya setelah berakhirnya masa jabatannya. Ia mengaku masih fokus pada tugas-tugasnya dan akan menerima apa pun yang menjadi keputusan terbaik. (KS)

Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular