Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BBPSDMP Kominfo Makassar – BPSDM Sulsel Gelar Pelatihan GTA untuk 180 Guru Honorer

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Informatika (BBPSDMP) Kominfo Makassar melaksanakan Pelatihan Government Transformation Academy (GTA), di Aula Kampus 1 BPSDM Provinsi Sulsel, di Jalan Sultan Alauddin Makassar No. 105 B, Selasa, (30/1/2024).

Pelatihan ini mengusung tema Fasilitator Pembelajaran Digital, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menggunakan aplikasi pengelolaan kelas online.

Menurut Kabid Kompetensi Fungsional, Dr Buana, kegiatan yang diikuti sekitar 180 orang Guru Non ASN (Honorer) Pemprov Sulsel, terdiri dari 120 orang yang mengikuti secara langsung (Luring/Offline), berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Gowa. Serta 60 orang mengikuti secara virtual, berasal dari Kota Palopo dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kepala BPSDM Provinsi Sulsel, Muhammad Jufri, mengatakan, kegiatan ini sudah tahun keempat kerjasama dengan BPSDM Provinsi Sulsel dan BBPSDMP Kominfo Makassar yang dibawah naungan Kementerian Kominfo RI.

“Kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2021,” ungkapnya.

Pada tahun 2021, jumlah ASN yang dilatih dengan skema kerjasama ini adalah 120 orang, Tahun 2022 sebanyak 3.395, Tahun 2023 sebanyak 480 ASN, dan Tahun 2024 rencananya sampai sebanyak 720 orang.

Pada tahun 2023, Pemerintah Sulawesi Selatan melalui BPSDM mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai provinsi pengirim peserta terbanyak.

“Hal lain yang perlu kami syukuri bahwa seluruh pelatihan yang dilaksanakan sejak tahun 2021 sampai tahun 2024 ini sama sekali tidak menggunakan APBD Pemerintah Provinsi Sulsel,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kerjasama pelatihan ini sekaligus menunjukkan sinergitas dan upaya kreatif BPSDM Sulsel dalam membangun jaringan dengan pihak di luar Pemprov Sulsel.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Makassar yang masih memberikan kepercayaan kepada kami (BPSDM Sulsel) untuk melaksanakan kegiatan ini,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan Pelatihan GTA ini juga mendukung salah satu Program Prioritas Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, yakni kemudahan pelayanan publik dan investasi.

Sementara itu, Ketua Tim Pengembangan SDM pada BBPSDMP Kominfo Makassar, Djunaedy Aspan, mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi informasi untuk mendukung transformasi digital sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular