Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anggaran Terbatas, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel Diminta Fokus Program Prioritas

MAKASSAR, KORANSULSEL – Pemerintah Provinsi Sulsel sangat mengapresiasi kegiatan Forum Perangkat Daerah yang diinisiasi oleh Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulsel. Hal itu diungkapkan langsung oleh Pj Sekprov Andi Muhammad Arsjad saat membuka secara resmi forum tersebut yang dilaksanakan di Hotel Grand Asia, Senin, 18 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Andi Muhammad Arsjad mengatakan, forum perangkat daerah ini adalah forum yang sangat strategis untuk menyamakan persepsi. Hal ini tentu untuk mensinkronisasikan dan mensinergikan apa yang diinginkan oleh pemerintah kabupaten kota, provinsi dan tentu juga pemerintah pusat.

Ia menambahkan, jika saat ini anggaran tidak banyak dan waktu kita juga sangat terbatas. “Makanya kita hanya perlu fokus untuk melihat mana sektor-sektor dan mana yang kita prioritaskan terlebih dahulu,” ucap Arsjad sekaligus membuka acara tersebut.

“Tentu kita berharap agar forum ini bisa melanjutkan beberapa rekomendasi, beberapa usulan-usulan yang strategis nanti dan tentu sekaligus ini juga bisa sebagai penguatan infrastruktur kita ke depan,” tambah Arsjad.

Terkait kondisi kemantapan jalan, ungkap Arsjad, untuk Sulsel sendiri cukup baik. Kemantapan jalan tahun 2022 yakni 71,95% dan meningkat di tahun 2023 yakni sebesar 75,38%, dan ini sudah melampaui target.

Hanya, kata Arsjad, saat ini harus dipahami bahwa pemerintah dihadapkan dengan agenda nasional yang sangat penting, yaitu Pilkada. Sehingga, harus mengalokasikan APBD untuk mensuporting agenda nasional tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Pj Gubernur Sulsel saat ini mendorong menghidupkan kembali Kawasan Mamminasata, plus Kabupaten Pangkep di dalamnya.

“Kita berharap ini menjadi suatu strategi untuk mendorong ekonomi yang dilakukan secara terpadu oleh kabupaten kota. Jadi, lima kabupaten kota ini plus Pangkep agar bisa bersinergi semuanya untuk masing-masing mendukung agar Sulsel nanti ini akan tumbuh lebih baik menuju Indonesia emas,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulsel Astina Abbas, perwakilan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi kabupaten kota, perwakilan Bappelitbangda kabupaten kota, perwakilan Bappelitbangda Provinsi Sulsel. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular