Selasa, Oktober 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rektor Unhas Terharu Bawa Piala Pimnas ke Luar dari Pulau Jawa

MAKASSAR, KORANSULSEL – Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc, mengaku terharu membawa piala Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke luar dari Pulau Jawa setelah 37 tahun.

“Ini sejarah. Momentum ini menjadi catatan bahwa Unhas bisa membawa piala ini ke luar dari Pulau Jawa sejak 37 tahun,”ujar Prof Jamaluddin Jompa (JJ) dalam keterangannya di Makassar, Minggu.

Penghargaan diberikan pada malam penutupan dan penganugerahan yang berlangsung di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, 18 Oktober 2024. Rombongan Pimnas Unhas tiba di Makassar pada, Sabtu 19 Oktober 2024 malam, dan disambut meriah Rektor Prof Jamaluddin Jompa.

Prof JJ menjelaskan, prestasi Unhas sebagai penyemangat bagi universitas di Indonesia Timur bahwa dengan kerja cerdas, keras, penuh dedikasi, dan semangat kekompakan seluruh pihak, maka tidak ada istilah sesuatu yang tidak mungkin bagi banyak pihak tapi menjadi mungkin bagi Unhas.

Hal ini, kata dia, menjadi pertanda Unhas bisa menjadi contoh yang baik untuk universitas lainnya untuk terus fokus meningkatkan potensi dan kemampuan mahasiswa.

“Terus terang saya bangga dan sekaligus terharu, bahwa apa yang kita cita-citakan akhirnya tercapai. Tidak pernah dibayangkan sebelumnya bahwa itu bisa dicapai, tapi karena tekad yang membara akhirnya mimpi menjadi kenyataan,” urainya.

Prof JJ menambahkan untuk mempertahankan juara ini tidaklah mudah, karena lebih mudah untuk meraihnya. Namun dia bertekad untuk mempertahankan juara umum saat menjadi tuan rumah di tahun berikutnya.

“Sehingga piala ini bertahan di Unhas lebih lama lagi. Tahun depan Unhas akan menjadi tuan rumah tentu saja kami akan berusaha lebih keras lagi,”jelasnya.

Unhas tampil sebagai juara umum setelah meraih total 19 medali, terdiri dari sembilan medali emas, 6 medali perak, dan empat medali perunggu untuk kategori poster dan presentasi.

Tim Unhas juga berhasil meraih satu gelar juara favorit pada kategori poster, serta tiga mahasiswa Unhas memperoleh penghargaan individu sebagai Mahasiswa Bertalenta.

Pada Pimnas 37 ini Unhas berhasil meloloskan 38 tim PKM dengan jumlah mahasiswa 187 orang. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER