Jumat, September 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD Sulbar Studi Tiru Rekrutmen Komisioner KI dan KPID

MAKASSAR, KORANSULSEL – Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan studi tiru ke Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk mempelajari tahapan seleksi dan mekanisme rekrutmen calon KI dan KPID yang telah diterapkan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Barat Syamsul Samad di Makassar, Selasa, mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja dan kualitas seleksi calon anggota komisioner Komisi Informasi (KI) dan calon anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) ke depan.

Menurut Syamsul, pihaknya memilih Sulawesi Selatan dipilih sebagai tujuan studi tiru karena dianggap sukses menjalankan proses seleksi komisioner KI dan KPID tahun lalu secara transparan, akuntabel dan profesional.

“Kami ke Diskominfo SP Sulsel untuk melihat best practice proses yang berkaitan dengan rekrutmen KPID ataupun juga Komisi Informasi. Kita berharap pengalaman yang dilalui oleh Sulawesi Selatan dapat kami terapkan, baik pada level Timsel, Kominfo maupun nanti fit and proper test di Komisi I DPRD,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo SP Sultan Rakib menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Komisi I DPRD Sulsel.

“Saat ini kami masih menunggu hasil fit and proper test dari DPRD Sulsel selanjutnya untuk dilakukan pelantikan sebagai anggota komisioner yang baru,” ujar Sultan Rakib.

Meskipun begitu, kata dia, tugas pokok dan fungsi KI dan KPID dalam diseminasi informasi, pelayanan permohonan informasi publik maupun pengawasan terhadap lembaga penyiaran publik tetap berjalan dengan baik. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER