Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Home Care Dottoro ta’ Layani 2.535 Warga Makassar Semester I 2024

MAKASSAR, KORANSULSEL– Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Nursaidah Sirajuddin mengatakan, pada semester pertama 2024 Home Care Dottoro ta’ telah melayani 2.535 orang warga Kota Makassar.

“Layanan Home Care Dottoro ta’ ini memiliki peran yang krusial dalam mendukung program strategis Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto terkait Gerakan Perkuat Imunitas Kesehatan Masyarakat,” kata dr Nursaidah Sirajuddin di Makassar, Sulsel, Selasa (9/7).

Dia mengatakan, komitmen tersebut diperkuat dengan peran Home Care yang memberikan pelayanan kesehatan 24 jam.

Menurut dia, program layanan kesehatan 24 jam ke rumah sudah berjalan sejak tahun 2015, sejak periode pertama dalam kepemimpinan Danny Pomanto.

“Program tersebut telah berkembang pesat hingga saat ini,” ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut Nursaidah, Home Care Dottoro ta’ memiliki 94 mobil armada, terdiri dari 47 armada konvensional dan 47 armada low carbon yang tersebar pada tiap Puskesmas.

Sementara tim layanan mobil Dottoro ta’ terdiri dari satu dokter, satu perawat, dan satu supir. Tenaga medis ini siap memberikan pelayanan kesehatan langsung ke rumah penduduk, memastikan bahwa akses terhadap perawatan medis tidak terhambat oleh jarak atau waktu.

Pada tahun 2023, layanan Home Care ini telah digunakan oleh 5.321 orang warga Makassar dan pada semester pertama 2024 sudah ada 2.535 orang warga Makassar yang menggunakan layanan ini.

Mencermati data tersebut, kata Nursaidah, terdapat kebutuhan yang besar akan akses kesehatan yang mudah dijangkau. Kondisi ini pula mencerminkan komitmen pemerintah kota untuk intensif dalam memperhatikan kesehatan masyarakat hingga menyusuri lorong-lorong atau gang sempit sekalipun. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER