Kamis, Juli 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Sulsel Klaim Progres Coklit Pemilihan Capai 92 Persen

MAKASSAR-KORANSULSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan mengkalim progres pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sejak 24 Juni 2024 hingga 7 Juli 2024 telah mencapai 92 persen untuk data pemilihan Pilkada serentak 2024.

“Ini progres untuk Sulsel. Secara nasional, Sulsel menempati posisi ke-5 tertinggi nasional. Proses coklit ini sudah berjalan 14 hari, dan masih tersisa 16 hari ke depan,” ujar Anggota KPU Sulsel Romy Herminto saat dikonfirmasi di Makassar, Ahad.

Dari data KPU Sulsel per 7 Juli 2024, tercatat ada 24 kabupaten kota dengan jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang dimutakhirkan sebanyak 9.442.192 juta jiwa.

Jumlah pemilih yang sudah di coklit Pantarlih sebanyak 8.747.424 juta jiwa atau sekitar 92 persen dari total jumlah data DP4 untuk Sulsel yang diturunkan KPU RI setelah diterima dari Kementerian Dalam Negeri atau Mendagri beberapa waktu lalu.

“Data pemilih yang belum dilakukan coklit sebanyak 649.294 ribu pemilih. Dan sudah d icoklit sampai saat ini presentasenya telah mencapai 92 persen. Target kami di Sulsel hari Selasa, 9 Juli sudah rampung semua,” tutur Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Sulsel ini menekankan.

Mengenai dengan adanya temuan-temuan Bawaslu berkaitan pengawasan melekat di lapangan bersama Pantarlih akan berkoordinasi untuk mencocokkan data-data sebelum dijadikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan serentak 27 November 2024.

” Tentunya, kami akan koordinasi dengan teman-teman Bawaslu untuk mendiskusikan dan menindak lanjuti jika terdapat temuan dari Bawaslu. Harapan kami, kiranya masyarakat yang belum di coklit bisa membantu dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan,” katanya.

Pihaknya pun memberikan apresiasi kepada tim Pantarlih yang bekerja keras tanpa mengenal hari, meski di hari libur tetap bekerja mendatangi warga untuk di coklit, termasuk tantangan-tantangan yang dihadapi oleh mereka seperti panas, hujan, menembus banjir, hutan hingga naik gunung, di kejar anjing, pemilih sulit ditemui, dan sejumlah kendala lainnya.

“Terakhir. untuk tim Pantarlih di 24 kabupaten kota, terima kasih kawan kalian hebat. Hasil ini adalah bukti kerja keras kalian meski target akhir 24 Juli 2024, tapi mudah-mudahan bisa dirampung pekan ini,” tuturnya menyemangati.

kpu sulsel, anggota kpu sulsel, romy herminto, coklit, pencocokan dan penelitian, data pemilih, dp4, capai 92 persen, sulsel, 24 kabupaten kota, makassar, pilkada serentak, kendala coklit, data pemilih, 9 juta penduduk. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER