Rabu, Juli 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Angkasa Pura Tunda Pengoperasian Terminal Baru Bandara Hasanuddin

MAKASSAR, KORANSULSEL – PT. Angkasa Pura I mengonfirmasi pengoperasian terminal baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang rencananya berlangsung pada Rabu (19/6/2024) pukul 00.00 WITA, ditunda. Hal ini disebabkan belum siapnya dokumen administrasi yang diperlukan untuk operasional terminal tersebut.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Minggus Gandeguai, mengatakan bahwa secara fisik bangunan maupun fasilitas terminal dengan minimal fasilitas seperti area check-in, pemeriksaan boarding pass, pemeriksaan keamanan, dan akses menuju ruang tunggu atau boarding lounge sudah siap.

Hanya saja dokumen administrasi untuk operasionalnya baru akan diberikan kepada regulator atau pemangku kepentingan terkait dalam waktu dekat. Maka dari itu, pengoperasian terminal baru akan diumumkan secepatnya.

“Dokumen administrasi untuk mengoperasikan terminal baru akan segera kami berikan kepada regulator atau pemangku kepentingan terkait. Kami berharap dokumen administrasi dapat segera selesai sehingga terminal baru dengan minimal fasilitas dapat beroperasi,” ungkapnya melalui keterangan resmi, Selasa (18/6/2024).

Pihak bandara sebenarnya telah menjadwalkan pemindahan area layanan penumpang keberangkatan dari terminal lama ke terminal baru bandara mulai Rabu (19/6/2024). Akan ada perubahan akses masuk ke area check-in dan pemeriksaan dari akses sebelumnya.

Selain itu, ada juga beberapa perubahan yang dilakukan, yaitu alur kendaraan serta penumpang di antaranya perubahan alur kendaraan roda empat yang menurunkan penumpang, alur kendaraan roda empat yang parkir, alur kendaraan roda dua, serta alur penumpang transfer.

Minggus merinci, terminal baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin memiliki luas area seluas 9.139 meter persegi untuk area check-in dan 5.336 meter persegi untuk area pemeriksaan penumpang serta jalur menuju ke ruang tunggu. Penumpang transfer tetap keluar melalui area kedatangan eksisting dan akan tersedia bus pengumpan untuk mengangkut penumpang transfer menuju ke terminal baru.

“Penumpang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama sekitar 10-15 menit dari area check-in ke ruang tunggu. Oleh karena itu, kami mengimbau agar memperhatikan penunjuk arah yang ada supaya tidak salah arah serta datang 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan,” tambah Minggus. (KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER