Kamis, Juli 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Car Free Day Sudirman, Prof. Zudan dan ASN Sulsel Ikuti Senam Sehat

MAKASSAR, KORANSULSEL – Penjabat Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, mengikuti senam sehat bersama masyarakat dan sejumlah pegawai lingkup Pemprov Sulsel di Car Free Day, Jalan Jenderal Sudirman, Minggu, (9/6/2024).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Ortala, Kepala Bapenda Sulsel, dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulsel lainnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, mengatakan bahwa olahraga senam sehat ini bertujuan untuk menjaga kebugaran masyarakat serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN lingkup Pemprov Sulsel.

“Senam sehat ini rutin kita lakukan setiap akhir pekan bersama ASN dan Non ASN lingkup Pemprov Sulsel serta masyarakat umum,” kata Suherman.

Suherman menuturkan bahwa olahraga sangat penting sebagai bagian dari hidup sehat karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan dan menyenangkan adalah senam.

Menurut Suherman, senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Orang-orang yang terlibat dalam senam akan mengembangkan daya tahan otot, kekuatan, kekuasaan, kelenturan, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan.

“Apalagi jika diimbangi dengan kegiatan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardiovascular system). Dengan melakukan olahraga senam secara teratur, kesehatan dan perkembangan fisik akan menjadi baik dan seimbang,” jelas Suherman.

Selain itu, manfaat mental dan sosial dari olahraga senam sangat besar dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan banyak pengalaman di mana orang mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membentuk konsep diri yang positif.

“Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk senam,” imbuhnya. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER