Minggu, Juli 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Damkar Se-Sulsel Siaga Hadapi Libur Panjang Lebaran

MAKASSAR, KORANSULSEL – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka Kesiapsiagaan Aparatur Damkar Kabupaten/Kota dalam menghadapi Libur Panjang Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Rapat yang dipimpin langsung Kasatpol PP Sulsel, Andi Arwin Azis berlangsung di Toraja Room Kantor Gubernur Sulsel, kemarin, Kamis, (4/4/2024).

Arwin mengatakan, di samping menyelenggarakan penegakan Perda dan Perkada, pelaksanaan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, Satpol PP juga menyelenggarakan pembinaan urusan pemadam kebakaran dan penyelamatan. Sehingga dipandang perlu menggelar rakor untuk memastikan kesiapan aparat Damkar Kabupaten/Kota menghadapi libur panjang dalam rangka Idulfitri.

“Ini sebagai upaya mitigasi terhadap bahaya kebakaran,” ujar Arwin.

Arwin menuturkan, rapat menghadirkan 5 Kadis Damkar Kabupaten/Kota dari 7 daerah yang telah membentuk Dinas Damkar. Lima daerah yang hadir yakni Kota Parepare, Kota Palopo, Kabupaten ⁠Luwu, Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Bone.

“Hadir juga 17 Kasatpol PP Kabupaten/Kota yang masih belum membentuk Dinas Damkar secara mandiri. Serta Kabid Linmas dan Damkar Satpol PP Sulsel,” ucapnya.

Secara khusus, pihaknya juga mengundang perwakilan BMKG Wilayah IV Makassar untuk memaparkan kondisi iklim/cuaca beberapa bulan ke depan sebagai upaya mitigasi potensi kebakaran yang bisa saja terjadi.

“Kami berharap, aparat Damkar senantiasa siap siaga menjamin hadirnya ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat saat momen lebaran,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kemenpan RB, Jufri Rahman, hadir memberikan arahan terkait formasi PPPK aparat damkar non ASN di daerah. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER