Rabu, Juli 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Makassar Harap Pemilu 2024 Lancar

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengharapkan Pemilu 2024 di hari pemungutan suara bertepatan Hari Valentine, Rabu 14 Februari 2024 berlangsung lancar, damai dan aman.

“Alhamdulillah, semua berlangsung dengan lancar, tapi sedikit memerlukan waktu. Saya kira dengan ukuran itu (kertas suara), mungkin waktu perhitungan butuh waktu lebih, karena agak lebih lebar dari pada boks-nya,” ujar Ramdhan usai menyalurkan hak pilihnya bersama istri dan anaknya di TPS 001, Kelurahan Maricaya Selatan, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Pria disapa akrab Danny Pomanto ini bersyukur pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali masyarakat dapat memilih pemimpin ditingkat kota, provinsi, dan nasional termasuk presiden dan wakil presiden.

“Kita bersyukur sekali ini hanya lima tahun sekali kita menyalurkan hak pilih kita di TPS. Kita berdoa mudah-mudahan semua bukan hanya di Makassar, tapi di Sulsel dan di Indonesia berlangsung dengan baik dan lancar,” kata Danny.

Saat ditanyakan bagaimana melihat kondisi keamanan di sekitar TPS, kata wali kota dua priode ini menuturkan tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran proses pemungutan suara di TPS, karena dijaga oleh aparat keamanan dan diawasi oleh pengawas TPS.

“Sementara tidak ada hal-hal yang berpotensi mengganggu jalannya Pemilihan Umum, semua berjalan lancar,” kata mantan Staf Ahli Perencanaan Tata Kota Makassar ini menuturkan.

Danny juga mengimbau seluruh warga kota ramai-ramai datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya karena hanya sekali dalam lima tahun karena ini menentukan nasib bangsa ke depan.

“Ini menentukan nasib kita. Satu suara sama dengan yang lain. Jadi, jangan suara kita disia-siakan, suara orang kaya suara orang dibawa sama semua. Inilah hak istimewa yang Allah berikan yang harus kita salurkan dalam lima tahun sekali,” paparnya menekankan.

“Jadi, saya kira sebagai orang beragama dan hak istimewa yang diberikan oleh Allah, saya mengucapkan Bismillah. Insya Allah pilihan kita ini akan menentukan masa depan kita dan pilihan kita akan memenangkan pertandingan,” katanya.

Mengenai prediksi siapa Calon Presiden dan Wakil Presiden siapa yang terpilih, kata Danny, tidak bisa memprediksi karena itu hak orang masing-masing memilih yang terbaik untuk masa depan bangsa, apalagi ketiga pasangan calon adalah putra terbaik Indonesia.

“Saya tidak bisa memprediksi, kita lihat sebentar, malam nanti sudah ada, baik quick count dan exit pool yang disempurnakan di real count,” katanya menambahkan.

Setelah menyalurkan hak pilihnya di TPS tersebut dengan jumlah DPT-nya sebanyak 260 pemilih, Danny akan ikut bergabung bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pj Gubernur, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, dan jajaran pimpinan lainnya serta Forkopimda Pemkota Makassarmemantau sejumlah titik TPS di Kota Makassar.

Berdasarkan data KPU Makassar, jumlah TPS yang tersebar di 15 kecamatan dengan 153 kelurahan sebanyak 4.004 unit TPS. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 1.036.965 juta pemilih dengan rincian laki-laki 501.371 ribu pemilih dan perempuan 535.594 ribu pemilih. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER