Selasa, Juli 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Apresiasi F8 Makassar Masuk Top 10 KEN 2024

MAKASSAR, KORAN SULSEL– Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan apresiasi atas penetapan Makassar International Eight Festival and Forum (F8 Makassar) masuk Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur dan mengapresiasi penetapan itu. Yang pasti, penetapan itu harus dijawab dengan terus meningkatkan kualitas F8 Makassar,” ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan F8 Makassar yang telah mulai dipentaskan sejak September 2016 itu tidak pernah absen menghibur pengunjung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ia menyatakan F8 Makassar hanya absen saat pandemi COVID-19 dan kembali dilaksanakan pada 2022 dan 2023. Pada penyelenggaraan 2023, F8 Makassar sudah masuk dalam Top 10 KEN 2023 dan kembali masuk pada 2024.

Menurut dia, penyelenggaraan F8 Makassar sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena adanya perputaran ekonomi hingga puluhan miliar rupiah dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kita akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan F8 Makassar yang berdampak positif bagi masyarakat Kota Makassar, khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Sebelumnya, Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 Makassar terpilih masuk Kalender Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang diumumkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (27/1).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan KEN meliputi beragam seni pertunjukan budaya Indonesia yang telah terkurasi dan dikemas secara spektakuler sehingga menjadi daya tarik wisatawan Nusantara maupun mancanegara sekaligus mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di kancah dunia dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Sandiaga mengemukakan bahwa tahun 2023 mencatat pencapaian luar biasa, dengan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 110,86 persen atau sekitar 10,41 juta kunjungan, sedangkan kunjungan wisatawan Nusantara naik 11,99 persen (749,11 juta kunjungan) dari Januari hingga November 2023.

Capaian KEN pada 2023 mencakup peningkatan produksi barang dan jasa di Indonesia sebesar Rp212,2 miliar, pertumbuhan PDB Indonesia sebesar Rp198,6 miliar.

Kemudian ada 7,36 juta kunjungan, dengan perputaran uang mencapai Rp12,38 triliun, dan penciptaan lapangan kerja yang luas, termasuk 11.399 UMKM, 36.500 pekerja, 142.700 pelaku seni, dan 839 asosiasi/komunitas.

Target KEN pada tahun 2024 adalah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru, meningkatkan promosi melalui media digital, dan memperkuat jejaring serta ekosistem acara.

Sandiaga Uno mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang konsisten mendukung penyelenggaraan acara berkualitas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran acara-acara berkualitas yang masuk dalam KEN 2024.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan Kharisma Event Nusantara yang secara konsisten mempromosikan destinasi wisata dan kekayaan budaya kita. Semoga acara ini menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata kita, menikmati keindahan alam dan keanekaragaman budaya Indonesia,” ucapnya.

Presiden Jokowi meyakini bahwa dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat, pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan terus berkembang dan semakin maju. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER