Kamis, Juli 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PT PLN Wujudkan Green Tourism di Toraja dan Toraja Utara

MAKASSAR, KORANSULSEL – PT PLN melalui Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (UID Sulselrabar) mewujudkan destinasi wisata berkelanjutan (green tourism) di Kabupaten Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

General Manager PT PLN (Persero) UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin, di Makassar, Rabu, mengemukakan bahwa
saat ini penggunaan energi hijau menjadi suatu kebutuhan atau kewajiban yang harus dimulai dari sekarang.

“Terkait dengan green tourism, kami dukung penuh, karena segala energi masa depan itu adalah energi listrik. Khususnya di Toraja dan Toraja Utara,” ujarnya.

Terletak di dataran tinggi Sulawesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Dengan segala keindahan alam dan keunikan kultur budayanya, lokasi wisata tersebut sudah mendunia.

PLN berkomitmen mendukung pengembangan green tourism melalui pasokan energi bersih khususnya di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara untuk pengembangan kawasan wisata yang bebas polusi dan ramah lingkungan.

Karena itu, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) kini telah hadir di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Rantepao, Toraja Utara. PLN juga telah menyiapkan 18 SPKLU yang tersebar di 11 lokasi dalam Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

Menurut Andy, energi hijau ini seiring dengan program Green Tourism yang dikemas dalam tajuk Toraja GENTLE, yaitu Green Electrifying Lifestyle Ecosystem Kawasan Wisata Toraja dan Toraja Utara berbasis energi ramah lingkungan.

“Kami optimistis dengan sinergi antara PLN dengan stakeholder, program yang turut mendorong kampanye penggunaan energi bersih dapat memberikan sumbangsih dalam peningkatan animo wisata di Kabupaten Toraja dan Toraja Utara,” ujarnya lagi.

Andy juga menawarkan, guna meningkatkan nilai tambah lainnya, PLN ikut menyediakan Renewable Energy Certificate (REC) bagi para pelaku industri khususnya perhotelan.

Selain itu, sebagai wujud dukungan PLN terhadap Green Tourism di Toraja, kampanye penggunaan kendaraan listrik telah dilakukan dengan rute Makassar-Toraja. Kampanye ini membuktikan penghematan biaya sebesar 85 persen jika dibanding menggunakan bahan bakar konvensional.

Andy menegaskan pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai, karena dalam rute perjalanan antara Makassar ke Toraja tersedia dua SPKLU, yaitu di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Parepare dan PLN Unit Layanan Pelanggan Rantepao. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER