Selasa, Juni 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Walikota Palopo Pimpin Peringatan Hari Kesadaran Nasional, Ajak Intropeksi Diri

PALOPO, KORAN SULSEL – Walikota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, M.H., menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Kesadaran Nasional yang diselenggarakan di Lapangan Pancasila Kota Palopo, pada Senin,(18/9)

Dalam amanatnya, Walikota menyampaikan rasa syukur karena dapat berpartisipasi dalam upacara Hari Kesadaran Nasional bersama-sama. Ia menyebutkan bahwa suasana upacara pada kesempatan tersebut sangat membanggakan, dengan partisipasi yang begitu banyak dan teratur.

Walikota juga mengajak para peserta upacara untuk memahami makna kehadiran mereka dalam peringatan Hari Kesadaran Nasional ini. “Mari kita semua pahami makna dari kehadiran kita di sini dalam upacara ini. Semua yang hadir di sini bukanlah rakyat biasa. Semua yang hadir memiliki nama dan kapasitas dalam mengelola urusan negara kita. Kita semua memiliki kapasitas untuk membantu memelihara kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkap Walikota.

Selama upacara tersebut, Walikota menjelaskan bahwa dilakukan pembacaan Pancasila, UUD 1945, Sapta Marga, Tribrata, dan Panca Prasetia Korpri. Hal ini memiliki arti penting. “Pemerintah memberikan kita waktu untuk introspeksi diri setiap bulan melalui pembacaan ini. Dengan demikian, kita dapat mengontrol perilaku masyarakat yang tersebar di Kota Palopo dalam mencari nafkah dan menjalani kehidupan sehari-hari melalui prinsip-prinsip Pancasila, UUD 1945, Sapta Marga, Tribrata, dan Panca Prasetia Korpri yang telah kita baca tadi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Walikota menegaskan bahwa dalam menjalankan negara, ada dua prinsip yang harus dipegang teguh, yaitu perintah dari atasan dan peraturan perundang-undangan yang tertulis. Dengan mematuhi kedua prinsip ini dengan baik, Walikota yakin bahwa tujuan negara akan tercapai.

Walikota juga mengajak semua yang hadir untuk menjadi contoh dan berani mengatakan atau tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan. “Semua yang ada di sini harus menjadi panutan dalam tindakan dan tegas dalam menegakkan aturan. Dengan melakukan hal ini, kita berharap kita semua akan mendapatkan berkah dari Allah SWT,” katanya.

Upacara Hari Kesadaran Nasional dihadiri oleh pejabat dan staf ASN, unsur TNI dan Polri, para guru, PPPK, dan tenaga honorer yang bekerja di lingkup Pemerintah Kota Palopo, serta kader KB Kota Palopo.(KS)

BERITA POPULER