Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Transaksi di Pekan Ekonomi Syariah Makassar 2024 Capai Rp4 miliar

MAKASSAR, KORANSULSEL – Transaksi di Pekan Ekonomi Syariah (Pesyar) Makassar 2024 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bersama mitra diprediksi mencapai Rp4 miliar atau melampaui target sekitar Rp3,5 miliar.

“Hingga H-1 penutupan Pesyar sudah ada transaksi Rp3,35 miliar dan hari ini pada saat penutupan diprediksi mencapai Rp4 miliar,” kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Wahyu Purnama A di sela penutupan Pesyar 2024 di Makassar, Senin petang.

Dia mengatakan Pesyar 2024 telah terlaksana dengan baik dan disambut antusias masyarakat yang terus mendatangi lokasi Pesyar sejak 23 Maret hingga 1 April 2024.

Pesyar yang dilaksanakan bertepatan dengan momen bulan suci Ramadhan menghadirkan berbagai kegiatan di antaranya Syariah Fair, Syariah Forum dan aneka lomba seperti lomba kaligrafi, lomba maramis, lomba video dakwah dan lomba tari tradisional.

Khusus kegiatan Syariah Fair menghadirkan 100 pelaku UMKM dan desainer, untuk tren hijab misalnya mengkreasikan potensi lokal namun bersifat global yang dirancang para desainer lokal dan nasional, bahkan sudah memiliki nama di kancah internasional.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sulsel Rizki Ernadi Wimanda menambahkan, kegiatan ini sekaligus menjadi sosialisasi pentingnya sertifikasi halal untuk produk UMKM, termasuk pentingnya literasi keuangan dan digitalisasi pembayaran dalam bertransaksi.

“Hal ini terbukti dari total transaksi pada Pesyar 2024 transaksi dengan pembayaran digital sekitar 60,17 persen atau sekitar Rp2,01 miliar yang sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi,” katanya.

Hal tersebut, lanjut dia, patut diapresiasi karena masyarakat sudah mulai terbiasa bertransaksi secara digital setelah pandemi COVID-19 atau masa normal baru.

Pada Pesyar 2024 yang digelar di salah satu hotel di Makassar, juga digelar berbagai lomba yang diikuti siswa dari berbagai daerah.

Salah seorang di antaranya adalah juara I video dakwah yang dimenangkan santri asal Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Lailatul Hafidzah. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular