Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkot Siapkan Karnaval Budaya untuk HUT ke-416 Kota Makassar

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Pemerintah Kota Makassar menyiapkan sejumlah kegiatan termasuk karnaval budaya yang akan menghadirkan ribuan remaja untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-416 Kota Makassar, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Jadi, nanti dia (peserta) akan buat satu saja gerakan atau tarian yang berulang sepanjang rute karnaval. Tetapi posisinya rapat begitu,” ujar Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto di sela-sela rapat pemantapan kegiatan, di Makassar, Ahad.

Menurut pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini, milad Kota Makassar tahun ini akan dibuat berbeda dari tahun sebelumnya.

Ia menginginkan karnaval budaya itu dikemas seperti festival Awa Odori di Jepang.

Secara teknis, setiap remaja akan menampilkan satu gerakan secara berulang sepanjang rute yang ditentukan panitia dalam pertunjukan nantinya sebagaimana Festival Awa Odori pada puncak acara 2 November 2023.

Oleh karena itu, setiap kelurahan dari total 153 kelurahan di Kota Makassar menyiapkan 50 orang remaja atau pemuda yang cakap budaya, sehingga bila di total ada sekitar 7.000-an peserta dengan mengenakan pakaian adat. Peserta nantinya akan dilatih oleh seniman atau guru seni sebelum pertunjukan untuk tampil dalam even tahunan tersebut

Selain remaja, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wanita yang dijuluki Srikandi akan ikut menyemarakkan karnaval. Mereka akan menggunakan pakaian adat dari Tana Toraja. Sejumlah komunitas juga ambil bagian, termasuk penyandang disabilitas.

Perayaan HUT Kota Makassar jatuh pada tanggal 9 November, namun tahun ini dimajukan pada 2 November 2023 agar Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi dapat menghadiri acara dan menyampaikan perpisahan setelah mengundurkan diri dan menyatakan maju Calon Legislatif (Caleg) DPR RI 2024.

“Pada momen itu nanti, kita juga akan sampaikan apresiasi ke Wawali dan sampaikan kata perpisahan. Saya ingin di birokrat Makassar pandai menghargai pemimpin kita, kontribusi siapapun,” ujar Danny.

Pihaknya pun telah merancang semua agenda puncak acara pada malam 2 November 2023 yang berlangsung di jalan masuk Centre Point of Indonesia (CPI) menuju ke kawasan Masjid 99 kubah.

Selain itu, juga disiapkan jamuan malam malam bagi seluruh tamu VVIP di kawasan tugu MNEK berlatar belakang perahu Pinisi dan rumah adat Tongkonan dari Tana Toraja. (ANT/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular