Jumat, Maret 1, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kue Barongko, Lezatnya Kuliner Khas Bugis yang Wajib Dicoba

KULINER, KORAN SULSEL – Makassar, kota yang tak hanya memiliki keindahan alam yang memukau, tetapi juga menyuguhkan kelezatan kuliner yang menggugah selera. Salah satu hidangan yang menonjol adalah Kue Barongko, hidangan tradisional khas suku Bugis yang memikat hati banyak orang.

Kue Barongko, yang juga dikenal dengan sebutan Barongko Bugis, adalah sajian khas yang berasal dari bahan-bahan alami yang melimpah di daerah Sulawesi Selatan, tempat asal suku Bugis. Hidangan ini sering dianggap sebagai camilan istimewa atau makanan penutup yang populer di kalangan masyarakat Bugis.

Bahan utama Kue Barongko adalah pisang raja, pisang yang memiliki cita rasa manis alami dan tekstur yang lembut. Pisang ini dicampur dengan kelapa parut, gula merah, santan kelapa, dan sedikit garam. Semua bahan ini kemudian dicampurkan dengan teliti dan dibungkus dalam daun pisang sebelum diolah lebih lanjut.

Proses pembungkusan dengan daun pisang adalah ciri khas yang membedakan Kue Barongko. Daun pisang memberikan aroma khas dan melindungi hidangan ini selama proses memasak yang umumnya dilakukan dengan metode pengukusan. Hasilnya adalah kue berbentuk kotak kecil dengan tekstur yang lembut dan aroma harum dari daun pisang.

Kue Barongko bukan hanya sebuah hidangan, tetapi juga memiliki nilai historis yang dalam bagi masyarakat Bugis. Hidangan ini sering dihadirkan dalam berbagai acara adat dan perayaan, seperti upacara pernikahan, khitanan, atau berbagai upacara adat lainnya. Selain itu, Kue Barongko juga merupakan bagian dari tradisi pemberian kepada tamu sebagai simbol keramahan dan penghormatan.

Kelezatan Kue Barongko tidak hanya memikat hati masyarakat Sulawesi Selatan tetapi telah merambah ke berbagai daerah di Indonesia. Hidangan ini bahkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang banyak dicari oleh wisatawan. Kombinasi rasa manis, kelembutan tekstur, dan aroma khas daun pisang membuatnya menjadi favorit di antara hidangan penutup tradisional Indonesia.

Kue Barongko mengundang selera para penikmat kuliner untuk mencicipinya, dan rasanya yang menggoda akan membuat Anda jatuh cinta pada kekayaan kuliner Indonesia yang tak pernah habis. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Sulawesi Selatan, jangan lewatkan peluang untuk menikmati Kue Barongko ini. (KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular