Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BI Sulsel Prediksi Ekonomi Sulsel 2024 Tumbuh 5,5 Persen

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan (BI Sulsel) memprediksi perekonomian provinsi itu tahun 2024 tumbuh 4,75 persen hingga 5,5 persen.

“Angka ini diproyeksikan lebih tinggi dibanding tahun 2023 sebesar 4,5 sampai 5 persen,” kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan M Firdauz Muttaqin di Makassar, Kamis.

Firdaus disela Pertemuan Tahunan BI yang digelar secara hybrid mengatakan, investasi masih akan tinggi 2024 karena pengeluaran pemerintah bertambah seiring dengan banyaknya kegiatan yang akan terselenggara tahun depan termasuk Pemilu 2024.

Selain itu, tahun depan ekspor diperkirakan melambat tapi mungkin perputaran domestik masih tetap terjaga, sehingga ekonomi 2024 optimis lebih tinggi dibandingkan 2023.

Dia menjelaskan kalau permintaan domestik tahun depan akan semakin tinggi sehingga inflasi diperkirakan akan melambat. Sasarannya akan turun menjadi 2,5 persen +1 dari 3 persen +1 di tahun 2023.

“Keuntungan lain yang akan menunjang ekonomi juga dari banyaknya sektor yang akan berkembang. Seperti sektor pengelolaan yang akan meningkat. Hilirisasi nikel juga akan berdampak terhadap industri,” ujarnya.

Sementara sektor pertanian akan kembali terakselerasi. Sektor barang dan jasa juga akan semakin gemilang dan menunjang perekonomian Sulsel terus menguat.

“Karena itu kami optimistis pertumbuhan ekonomi di daerah ini akan terus bertumbuh dengan mencermati sejumlah indikator di lapangan,” tandas Firdaus. (ANT/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular