Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Audiensi Siswa Taruna Nusantara, Pj Gubernur Bahtiar Berbagi Pengalaman dan Motivasi

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menerima audiensi siswa Taruna Nusantara, di ruang kerjanya di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu, 27 Desember 2023. Mereka datang dalam tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, untuk mewawancarai tokoh nasional yang ada di Sulsel, daerah asal para siswa Taruna Nusantara.

Bahtiar dipilih selain sebagai Pj Gubernur Sulsel, karena juga merupakan pejabat pemerintah pusat. Delapan siswa yang bertanya ibarat host pemandu acara talkshow, secara berganti melontarkan pertanyaan.

Adapun sederet pertanyaan yang disampaikan, antara lain bagaimana memimpin anggota dalam mendukung program-program untuk membantu masyarakat di wilayah sekitar, ketika ada masalah besar atau situasi sulit, bagaimana cara untuk mengambil keputusan yang tepat dengan cepat, serta motivasi apa yang dipegang dalam menempuh perjalanan dan berjuang dalam meraih kesuksesan dan menjadi seorang pemimpin

Adapula yang menanyakan suka duka atau hal yang paling berkesan dalam menjalani karier dari menjadi pegawai negeri hingga sekarang menjabat sebagai Gubernur Sulsel.

Selain itu, bagaimana cara dalam mengatur antara pekerjaan sebagai gubernur dan kehidupan pribadi, adakah cita-cita atau harapan yang belum terwujudkan hingga saat ini, bagaimana membangun hubungan yang kuat serta berkomunikasi efektif dan saling percaya dengan pegawai Pemprov maupun masyarakat.

Menjawab pertanyaan para siswa Taruna Nusantara, Bahtiar memberikan jawaban dengan lugas dan mudah dipahami.

“Kami setahun ini, kita arahkan ke hal-hal yang berdampak langsung pada kehidupan masyarakat. Sulsel ini potensinya ada di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan kelautan. Ini potensi kita, kita luas sekali, dan memang masyarakat kita sebagian besar bekerja di situ,” kata Bahtiar, menjawab salah satu pertanyaan siswa yang mewawancarainya.

Dalam pertemuan tersebut, Bahtiar juga memberikan motivasi, khususnya kepada para generasi muda yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

“Kalau bekerja ikhlas, dan tetap selalu rendah hati apapun capaiannya dan selalu upayakan terbaik, baik di sekolah. Lakukan sesuatu dengan ikhlas, jangan karena mau dipuji atau mendapatkan penghargaan,” pesan Bahtiar.

Usai pertemuan, salah satu siswa Taruna Nusantara, Ahmad Syahrul, mengatakan, pertemuannya dengan Gubernur Sulsel merupakan tugas khusus SMA Taruna Nusantara di bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, untuk melakukan audiensi dan mewawancarai tokoh nasional.

“Memilih beliau sebagai pemimpin bangsa yang ada di Sulsel, untuk sekaligus memberikan motivasi dan arahan yang dapat bermanfaat bagi kami, para siswa Taruna Nusantara,” ujarnya.

Siswa lainnya, Datu Naugi mengaku mendapatkan banyak pembelajaran dan manfaat dari yang telah disampaikan Bahtiar Baharuddin.

“Akan saya terapkan dan sebagai bekal di masa depan, ini paling teringat dan berkesan, cara membagi waktu dari Pak Gubernur,” kata Datu. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular