Jumat, September 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Makassar Dukung Pembentukan Griya Abhipraya Bapas Kelas I

MAKASSAR, KORANSULSEL – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memberikan dukungan penuh atas rencana pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya oleh Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar.

“Program seperti ini tentu kami dukung, ini luar biasa,” ujar Moh Ramdhan Pomanto saat menerima kunjungan Kepala Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar Surianto di Balai Kota Makassar, Rabu.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan Griya Abhipraya merupakan rumah singgah dengan tujuan untuk peningkatan warga binaan agar mereka keluar dari Lapas bisa produktif di masyarakat.

Ia pun berharap Graha Abhipraya ini menjadi wadah kegiatan pemberdayaan warga binaan yang melibatkan masyarakat dan pemerintah setempat.

Sementara itu, Kepala Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar Surianto menyampaikan kunjungannya ini salam rangka silaturahim setelah dirinya menjabat 5 September 2024.

Surianto resmi menggantikan Sopiana yang pindah tugas ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Sopiana menjabat selama 1 tahun 10 bulan.

Kunjungan ini juga sekaligus meminta dukungan Pemkot Makassar terkait rencana pendirian Griya Abhipraya adalah rumah singgah yang berfungsi sebagai wadah untuk membantu mantan narapidana dalam proses reintegrasi sosial.

“Jadi konsepnya itu seperti rumah singgah tapi diperuntukkan bagi mantan narapidana. Nanti akan ada pidana-pidana alternatif berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023,” ungkap Surianto.

Dia menyatakan, Griya Abhipraya ke depan diharapkan dapat membantu mantan narapidana atau klien permasyarakatan untuk memperbaiki diri dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab, serta dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Di dalam Abhipraya nanti akan ada dua program. Pertama kepribadian dan kedua adalah kemandirian skill sehingga dibutuhkan sinergitasnya dengan pemerintah kota,” tuturnya.

Ia berharap agar Rumah Singgah Griya Abhipraya Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar dapat diresmikan Oktober 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan bulan depan bisa diresmikan Griya Abhipraya ini,” ucap Surianto.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menargetkan seluruh Balai Pemasyarakatan di Indonesia untuk mendirikan Griya Abhipraya pada 2024. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER