Selasa, September 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dispar Makassar Fasilitasi Industri Pariwisata lewat MATTA Fair 2024

MAKASSAR, KORANSULSEL – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menunjukkan komitmennya dalam memajukan sektor pariwisata dengan memfasilitasi industri pariwisata setempat lewat Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC), Kuala Lumpur, dari 6 – 8 September 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem dalam keterangannya di Makassar, Jumat, menilai bahwa partisipasi dalam MATTA Fair 2024 adalah peluang emas untuk memperkenalkan pariwisata Makassar kepada pasar Malaysia dan internasional.

“Dengan partisipasi aktif dan strategi promosi efektif, kami yakin Makassar dapat memperoleh perhatian lebih besar di pasar pariwisata Malaysia,” ujarnya.

Saat ini, kata Roem, sudah tersedia tiga maskapai penerbangan yang melayani rute Kuala Lumpur – Makassar setiap pekan.

“Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan memperkuat posisi Makassar sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia,” ujar Muhammad Roem.

Fasilitasi industri pariwisata Kota Makassar dari Asita (Asosiasi Travel Agent Indonesia), PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), Dispar Makassar memperkenalkan potensi dan kekayaan budaya Kota Makassar serta Sulawesi Selatan kepada pasar internasional.

Gerai Indonesia, khususnya Makassar cukup tinggi terlihat dari jumlah pengunjung yang datang ke stan Pariwisata Indonesia.

MATTA Fair 2024 merupakan pameran pariwisata di Malaysia yang menarik lebih dari 180.000 pengunjung setiap tahunnya.

Dengan transaksi penjualan yang mencapai lebih dari 300 juta ringgit Malaysia (RM), kegiatan ini menjadi ajang penting yang dihadiri oleh ribuan agen perjalanan, tour operator dan wisatawan dari seluruh dunia.

Kehadiran Dispar Makassar di giat ini merupakan langkah strategis untuk mempromosikan Kota Makassar sebagai destinasi favorit.

Dispar Makassar berharap dapat membawa hasil yang positif dari MATTA Fair 2024 dan menjadikan Kota Makassar sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan mancanegara.

Selain memfasilitasi para pelaku industri pariwisata Kota Makassar, Dispar Makassar juga ikut memeriahkan MATTA Fair 2024 dengan menampilkan penampilan tari empat etnis khas Sulawesi Selatan.

Penampilan ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan kekayaan budaya Sulawesi Selatan secara langsung.

Denny Ristyanto selaku General Manager Hotel Melia Makassar dan perwakilan PHRI Sulawesi Selatan mengapresiasi Dinas Pariwisata Kota Makassar atas kesempatan itu.

“Kami menghargai dukungan dari Dinas Pariwisata Kota Makassar yang telah memfasilitasi keikutsertaan kami. Ini adalah kesempatan berharga untuk mengeksplorasi pasar Malaysia dan menjalin hubungan dengan tour operator dari seluruh dunia,” urai Denny.

Ia juga menambahkan MATTA Fair 2024 membuka peluang baru untuk tidak hanya mempromosikan hotel, tetapi juga menjual Kota Makassar sebagai destinasi unggulan.

“Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi industri perhotelan di Kota Makassar,” kata dia.

Ketua Asita Sulawesi Selatan Didi Leonardo Manaba menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Kota Makassar atas kesempatan untuk berpartisipasi di MATTA Fair 2024.

“Kami berharap Dinas Pariwisata Kota Makassar dapat mencapai target kunjungan wisatawan dengan kolaborasi yang solid, kami percaya kita bisa membawa Kota Makassar menjadi destinasi wisata unggulan yang semakin dikenal di seluruh dunia,” katanya. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER