Sabtu, September 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Giatkan Internasionalisasi di Bidang Publikasi, RJI Luncurkan Program World Class University

MAKASSAR, KORANSULSEL – Relawan Jurnal Indonesia (RJI) resmi meluncurkan program “World Class University” dalam upaya menggiatkan internasionalisasi publikasi ilmiah di Indonesia. Peluncuran program ini dilaksanakan dalam rangkaian Workshop OJS Journal Upgrading and Editorial Workflow bekerjasama dengan Public Knowledge Project (PKP) pada Kamis (24/8) di Makassar dan dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari akademisi, peneliti, lembaga penerbitan, sistem administrator universitas dan pihak terkait lainnya.

M. Tanzil Multazam, selaku Dewan Pengawas RJI yang juga membawakan materi mengenai World Class University by RJI menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia agar dapat bersaing di tingkat global.

“Program ini merupakan langkah konkret RJI dalam mendorong universitas di Indonesia untuk mencapai standar internasional. Dengan demikian, diharapkan universitas-universitas kita dapat meningkatkan reputasi dan daya saing di kancah global,” ujarnya dalam presentasi yang disampaikan.

Lebih lanjut, Tanzil yang juga merupakan Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menjelaskan bahwa RJI akan memberikan dukungan berupa pelatihan, workshop, dan pendampingan bagi perguruan tinggi yang ingin bergabung dalam program ini.

“Kami ingin membangun jejaring internasional yang kuat sehingga penelitian-penelitian dari Indonesia dapat lebih dikenal di tingkat dunia. Selain itu, kami juga sedangkan menjalankan program Pendampingan Akreditasi Jurnal Internasional (PANJI) sebagai bagian dari program internasionalisasi RJI,” tambahnya.

Sitti Rabiah, Dewan Penasehat RJI Sulawesi Selatan yang juga Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMI, turut menegaskan pentingnya internasionalisasi bagi perguruan tinggi di Indonesia.

“Internasionalisasi bukan hanya tentang pengakuan global, tetapi juga tentang peningkatan kualitas dan kapasitas akademik di dalam negeri. Dengan mengikuti program ini, perguruan tinggi dapat memperluas jejaring internasionalnya, serta meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiahnya,” jelas Sitti Rabiah.

Sitti juga mengungkapkan bahwa program “World Class University” akan memfokuskan pada peningkatan jumlah publikasi internasional dari peneliti-peneliti Indonesia. “Kami ingin memastikan bahwa hasil penelitian dari universitas di Indonesia dapat diakses dan diakui oleh komunitas akademik internasional,” tambahnya.

Akbar Iskandar, Ketua Pengurus Daerah RJI Sulawesi Selatan menekankan bahwa program “World Class University” by RJI ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Dengan adanya program ini, RJI berkomitmen untuk terus mendukung kampus-kampus di Indonesia dalam upaya mencapai standar internasional dan meningkatkan kontribusi mereka dalam dunia pendidikan global”, jelas Akbar.

Selain acara Peluncuran WCU by RJI, Workshop ini juga dihadiri langsung narasumber dari Brazil dan Kanada didampingi fasilitator dari Indonesia yang merupakan tim dari PKP, Jonas Raoni Soares da Silva sebagai System Developer PKP, Patricia Mangahis sebagai Client Service Manager PKP dan Maria Lamury sebagai Local Liaison Indonesia PKP.

Peluncuran ini juga diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Simon Fraser University selaku rumah induk dari PKP dan Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) sebagai mitra strategis PKP di Indonesia guna meningkatkan kualitas dan keberagaman publikasi ilmiah melalui penelitian, pengembangan, penerapan software open source yang mendukung penerbitan ilmiah.

Acara ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem pengelolaan jurnal ilmiah di Indonesia hingga dapat mengakses ataupun mendapatkan rekognisi global. (KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER