Sabtu, September 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkot Makassar Siapkan 4 Kuota Bagi Penerimaan CPNS Disabilitas 2024

MAKASSAR, KORANSULSEL – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyiapkan empat kuota bagi penyandang disabilitas dengan formasi tenaga teknis pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

“Kita siapkan empat kuota bagi disabilitas dari 186 formasi tahun ini,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar Akhmad Namsum di Makassar, Rabu.

Rekrutmen CPNS 2024 yang sudah mulai terbuka sejak 20 Agustus ini disiapkan untuk kebutuhan umum dan kebutuhan khusus. Kebutuhan Khusus diperuntukkan bagi cumlaude diaspora, putra-putri daerah di wilayah terpencil serta penyandang disabilitas.

Penerimaan CPNS bagi penyandang disabilitas menjadi perhatian Pemkot Makassar pada setiap perekrutan CPNS, sesuai dengan kebijakan afirmasi oleh pemerintah pada Pasal 53 UU tentang Penyandang Disabilitas, yaitu memperkerjakan penyandang disabilitas di pemerintahan paling sedikit 2 persen dari jumlah pegawai keseluruhan.

“Kita juga sudah usulkan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang di dalamnya mencakup tenaga kerja disabilitas,” tambahnya.

Akhmad menjelaskan bahwa tahun ini, Pemkot Makassar menyiapkan formasi sebanyak 186 yang terdiri dari 122 formasi untuk tenaga teknis dan selebihnya untuk tenaga kesehatan (nakes).

Sebelumnya, Pemkot Makassar telah mengusulkan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sekitar 700 formasi, namun pemenuhan itu hanya di angka 186 formasi.

Sementara terkait kebutuhan SDM pada sektor pendidikan, BKD Makassar telah mengusulkan penerimaan P3K sebanyak 2.000 formasi sejak tahun lalu.

“Tahun ini hanya tenaga teknis dan tenaga kesehatan, kalau tenaga pendidik kita siapkan melalui jalur penerimaan P3K. Usulan ini sudah kita sampaikan ke Kemenpan-RB,” ujar dia. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER